Ini Pelat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia

Kompas.com - 18/06/2022, 12:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), menjadi suatu indentitas dari mobil dan sepeda motor yang ada di jalan raya.

Selain itu, fungsi pelat nomor juga sebagai bukti legitimasi pengoperasian dengan spesifikasi tertentu yang diterbitkan kepolisian dengan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 47 ayat 3, disebutkan pelat nomor juga untuk membedakan apakah kendaraan itu milik pribadi atau umum.

Baca juga: Mitsubishi Triton Euro 4 Sudah Resmi Dijual

Untuk lebih detailnya, berikut jenis dan fungsi pelat nomor berdasarkan warna dasar :

1. Pelat nomor dengan warna dasar putih dengan tulisan hitam digunakan untuk kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional.


2. Pelat nomor kuning dengan tulisan hitam digunakan khusus untuk kendaraan umum seperti bus, mikrolet, taksi, dan sebagainya sesuai peraturan kendaraan umum penumpang.

3. Pelat nomor merah dengan tulisan putih menandakan bahwa kendaraan tersebut adalah angkutan dinas pemerintah.

4. Selain itu ada juga pelat nomor khusus. Beberapa nomor polisi tergolong istimewa karena dibuat khusus untuk kalangan tertentu seperti pejabat negara. Mobil dengan nopol belakang RF merupakan kendaraan pejabat negara, Eselon II ke atas, hingga menteri.

Baca juga: Kecelakaan Ojol, Berhenti di Pinggir Jalan Jangan Asal Buka Pintu Mobil

Sedangkan huruf di belakang kode RF menunjukkan identitas, misal :

- RFS untuk kendaraan pejabat sipil

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.