Kompas.com - 18/06/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian mobil matik menyediakan tombol O/D atau overdrive yang berada pada ujung gagang tuas transmisi.

Meski demikian, tak sedikit pemilik mobil yang sudah paham atau mengerti soal fungsi dari tombol overdrive.

Pada dasarnya, pabrikan mendesain tombol tersebut  untuk digunakan saat pengendara akan melakukan akselerasi atau menyalip mobil lain di depatn. 

Baca juga: Motor Matik Bisa Engine Brake, Begini Caranya

Suparna Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak menjelaskan, overdrive berfungsi mengunci posisi gigi supaya tidak berpindah ke percepatan lainnya.

"Cara mengaktifkan, jika kecepatan mobil konstan pada putaran mesin tertentu, pengemudi bisa menekan tombol overdrive. Otomatis sistem transmisi menyesuaikan rasio gigi dengan torsi yang dihasilkan putaran mesin," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (17/6/2022). 

Tombol Overdrive berfungsi mengunci posisi gigi pada mobil matikDicky Aditya Wijaya Tombol Overdrive berfungsi mengunci posisi gigi pada mobil matik

Menurut Suparna, ketika overdrive di non-aktifkan akan ada limiter pada putaran maksimal. Sementara jika aktif, putaran rpm mesin bisa lebih besar dan mencapai tenaga puncak. 

"Fitur ini biasanya disematkan untuk mobil matik keluaran lama (2005-2010), sistem output rasio girboks telah di set pada 0,6 atau 0,7 sedangkan output-nya 10 kali tenaga yang di hasilkan mesin," ucapnya. 

Tapi penting diketahui, membiarkan overdrive non-aktif atau mati, konsekuensinya konsumsi BBM akan lebih boros. Karena, transmisi di batasi pada gigi 3, hasilnya putaran rpm mesin lebih tinggi. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Mobil Transmisi Matik Hilang Tenaga

Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.Youtube Sitinjau Lauik Truk Video Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.

Jadi, torsi maksimal bisa diraih lebih mudah saat membutuhkan akselerasi mendadak, terutama jika akan menyalip atau melewati tanjakan curam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.