Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Bahaya, Jangan Tinggalkan Powerbank di Kabin Saat Mobil Parkir

JAKARTA, KOMPAS.com - Powerbank merupakan salah satu alternatif pengisi daya telepon genggam yang banyak dipakai pengguna gawai saat ini.

Buat pemilik kendaraan roda empat yang memiliki powerbank, jangan meninggalkan alat yang satu ini di kabin khususnya saat mobil parkir. 

Beberapa kasus mobil terbakar terjadi akibat pemilik kendaraan meninggalkan powerbank di mobil yang ditinggalkan parkir, karena ketidaktahuan atau karena ketidaksengajaan. Perlu diingat, kabin mobil yang diparkir memiliki suhu lebih panas dan bisa memicu powerbank meledak atau terbakar.

Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, bahwa powerbank tidak boleh terekpos panas berlebih.

"Tidak hanya powerbank, batu baterai yang ukuran kecil saja sebenarnya tidak boleh terekspos terhadap panas berlebih," ucap Anjar.

Menurut Anjar, semua perangkat elektronik yang memiliki baterai lithium punya potensi untuk meledak. Membawa powerbank di mobil diperbolehkan asal penempatan dan penggunaannya benar, selama pemilik memperhatikan tempat penyimpanannya.

Misalnya, jangan meletakan powerbank di atas dasbor mobil saat berkendara. Saat terpapar panas matahari di dasbor, ini membuat powerbank berpotensi meledak.

"Ledakan powerbank sebenarnya hanya menghasilkan percikan api yang tidak terlalu besar. Namun, karena banyak komponen mobil yang mudah terbakar maka api cepat tersambar sehingga bisa sampai membakar seluruh mobil," ucap Anjar.

Lebih berbahaya lagi jika powerbank yang ditinggal mash terpasang dengan soket pengisian daya. Hal ini bisa menyebabkan powerbank meledak, mengakibatkan percikan api yang menyebar ke seluruh area mobil sampai membuatnya terbakar.

Maka sebelum parkir, pemilik kendaraan harus memastikan tidak ada barang lawan meledak di kabin, seperti barang elektronik dan pemantik api. Pastikan juga tidak ada barang elektronik yang masih tersambung dengan soket pengisian daya, saat mobil akan diparkir atau ditinggal, baik sebentar ataupun untuk waktu yang lama.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/17/074200115/ada-bahaya-jangan-tinggalkan-powerbank-di-kabin-saat-mobil-parkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke