Mengenal Legenda Bus di Pantura, Bersaing Tawarkan Servis

Kompas.com - 14/06/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Pantai Utara (Pantura) sampai saat ini masih menjadi rute yang dilewati banyak orang untuk pergi ke luar kota, khususnya ke wilayah Timur Pulau Jawa.

Dahulu, sebelum adanya Ruas Tol Trans-jawa, Pantura menjadi jalur utama, apalagi untuk bus malam. Bahkan, jalur tersebut kerap dijadikan arena bus beradu kecepatan dan saling bersaing memberikan servis kepada penumpang.

Walaupun sekarang beberapa bus sudah menggunakan Tol Trans-jawa, ada beberapa PO yang menjadi legenda di Jalur Pantura sebelum hadirnya jalan bebas hambatan.

Baca juga: PO Pertama di Indonesia yang Pakai Bus AKAP

PO Lorenaseputar semarang PO Lorena

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada empat PO yang meramaikan Jalur Pantura, seperti Lorena, Kramat Djati, Safari Dharma Raya, dan Pahala Kencana.

"Dulu Pantura enggak lepas dari PO legenda seperti Lorena, Kramat Djati, Safari Dharma Raya, dan Pahala Kencana," ucapnya kepada Kompas.com Selasa (14/6/2022).

Namun seiring hadirnya Tol Trans-jawa, para raja Pantura ini mulai beralih. Jadi ketika melewati jalur tersebut, bisa dibilang hanya sebagian saja dan sisanya dilewati di tol.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi dan Waktu Operasi Patuh Jaya 2022 di Jakarta Barat


"Kebanyakan kan sudah full tol, tinggal segelintir saja yang masih lewat Pantura," kata Dimas.

Dimas menjelaskan, pada zamannya para PO yang beradu di Pantura saling memiliki keunggulan. Misalnya seperti Lorena yang menyajikan kelas layanan nyaman dengan bangku 2-1.

"Kalau Lorena khas-nya dari dulu sampai 2000-an ada kelas Super Eksekutif 2-1. Lalu Kramat Djati khas dengan kaca warna hijaunya, Safari dengan sasis premium dan uniknya, serta Pahala Kencana yang punya servis makan di salah satu hotel di Tuban," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.