Polisi Pastikan Jembatan Curug Bekasi Aman Dilewati Kendaraan

Kompas.com - 14/06/2022, 15:36 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini Jembatan Antilope atau yang dikenal sebagai Jembatan Curug di Bekasi, Jawa Barat, terkena pemasangan girder proyek kereta cepat.

Imbasnya, tidak semua kendaraan bisa melintasi jalan itu. Masyarakat harus mencari jalan alternatif, khususnya bagi yang menuju Pondok Gede dari Kalimalang, atau arah sebaliknya.

Meski begitu, polisi memastikan bahwa Jembatan Curug aman dilewati kendaraan. Walaupun memang hanya kendaraan jenis tertentu yang bisa melintas.

Baca juga: Adu Mulut Bos Dorna dengan Repsol yang Sebut MotoGP Mulai Membosankan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat meninjau proyek pengerjaan grider box di Jembatan Antilop, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Selasa (14/6/2022). Dalam peninjauannya, Sambodo mengatakan bahwa akan dibangun jembatan lain agar kendaraan yang melintas tidak kembali terhambat akibat adanya proyek pengerjaan kereta cepat.Joy Andre T Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat meninjau proyek pengerjaan grider box di Jembatan Antilop, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Selasa (14/6/2022). Dalam peninjauannya, Sambodo mengatakan bahwa akan dibangun jembatan lain agar kendaraan yang melintas tidak kembali terhambat akibat adanya proyek pengerjaan kereta cepat.

“Saya lihat saat ini cukup lancar, untuk di jembatannya kami sudah lakukan pengaturan. Jadi sudah ada koordinasi, saya hanya memastikan bahwa jalan ini masih bisa dilewati,” ujar Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya, kepada wartawan (14/6/2022).

“Jadi saya pikir cukup safety juga, dari jauh ada palang yang menyatakan ketinggian sehingga kendaraan-kendaraan yang lebih dari 1,7 meter bisa diputar balik, sehingga tidak terjebak di dalam,” kata dia.

Sambodo juga mengatakan, sesaat sebelum lewat jembatan, telah dipasang rambu peringatan berupa garis merah putih yang menyatakan agar pengendara berhati-hati.

Baca juga: Seminggu Uji Coba, Ini Ruas Jalan dengan Pelanggaran Gage Tertinggi

Sebelumnya, Humas Kementerian PUPR Wibisono mengatakan, konstruksi tersebut milik PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) yang berlokasi di sekitar Tol Jakarta-Cikampek Km 5-6.

Menurutnya, proyek KCIC bukan proyek jalan tol, atau yang dikelola oleh Kementerian PUPR secara langsung.

Meski begitu, ia mengimbau masyarakat agar menghindari jalur tersebut. Sebab hanya kendaraan tertentu yang bisa lewat.

“Jadi lalu lintas di bawah tetap berjalan dengan pembatasan ketinggian 1,7 meter,” kata Wibisono, kepada Kompas.com (14/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.