Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Posisi Kandang Macan untuk Sopir Bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP biasanya memiliki waktu tempuh yang cukup lama, sekitar delapan sampai 12 jam. Oleh karena itu, dibutuhkan dua pengemudi sehingga bisa bergantian saat kelelahan.

Berbeda dengan penumpang yang memiliki bangku masing-masing, pengemudi bus punya tempat istirahatnya sendiri.

Tempat istirahat pengemudi di dalam bus dikenal dengan sebutan kandang macan.

Perbedaannya, bentuk dari tempat istirahat pengemudi bukan lah bangku, melainkan kasur yang cukup besar ukurannya. Lalu di mana saja posisi tempat istirahat pengemudi di kabin bus?

Pada umumnya, posisi kandang macan ada di belakang bangku penumpang yang paling ujung, jadi di atas mesin bus. Namun ada juga posisi kandang macan yang ada di belakang kabin pengemudi.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pada beberapa kasus, misalnya bus tingkat milik PO Laju Prima, posisi kandang macannya ada di atas kotak ECU yang ada di dek bawah.

“Kandang macan ada di belakang pengemudi. Tempatnya memang di situ, sesuai dengan permintaan customer (PO),” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, pada bus baru Indorent yang rilis dari Karoseri Laksana, posisi kandang macannya ada di dek atas, di belakang bangku penumpang. Bentuk kandang macannya pun unik, seperti ditutup sekat dengan pintu rolling (rolling door).

Posisi unik kandang macan yang lainnya ada pada bus Avante D1 buatan Karoseri Tentrem. Berdasarkan pengamatan redaksi ketika mengamatinya di Bogor, posisi kandang macan tepat di belakang kabin pengemudi dan di bawah dek penumpang.

Selain itu, kandang macan ini punya pintu akses menuju tangga ke dek atas. Bentuk kandang macan seperti ini yang menambah privasi pengemudi sehingga semakin nyaman untuk beristirahat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/15/071200715/mengenal-posisi-kandang-macan-untuk-sopir-bus-akap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke