Solusi Penyakit Toyota Avanza Lawas, Water Hammer gara-gara Kehujanan

Kompas.com - 14/06/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi pertama dipasarkan pada 2003 hingga 2011. Tak sedikit konsumen yang masih mengendarai Avanza lawas tersebut karena tercatat sebagai mobil dengan populasi terbesar di Indonesia.

Namun, yang namanya mobil lawas, biasanya ada saja penyakit yang muncul. Salah satunya adalah masalah pada bagian mesin.

Beberapa pengguna Avanza lawas mengalami masalah water hammer. Padahal, hanya karena kehujanan, bukan nekat menerobos genangan air yang tinggi atau banjir.

Baca juga: Naik 34,9 Persen, Avanza dan Veloz Baru Kerek Penjualan Toyota

Water hammer terjadi karena pada saat kehujanan, talang yang ada di balik kap mesin tidak optimal lagi menahan air. Sehingga, air menetes ke atas boks filter udara.

@melkitrik Cegah Avanza Turun Mesin Water hammer #tips #trik #fyp? #fyp #toyota #avanza #tipsandtricks #waterhammer #avanzaxeniasolution #mekanikmobil #mekanikrumahan #perawatan #mekanikmobil #maintenance ? Always Loving You (Breakbeat) - DJ Lunox

Lalu, air masuk ke dalam mesin melalui boks filter udara. Saat mobil dihidupkan, terjadilah water hammer. Contoh kasusnya seperti pada video yang diunggah oleh akun TikTok @melkitrik.

Dalam video tersebut, diajarkan juga bagaimana tips untuk mengatasi masalah tersebut. Solusinya adalah dilem kembali bagian karetnya menggunakan lem silikon.

Baca juga: Diskon MPV Murah per Juni 2022, Avanza Rp 8 Juta, Ertiga Rp 20 Juta

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, kejadian tersebut adalah kasus lama dan sudah ada pencegahannya.

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza

"Bisa dengan mengganti atau memodifikasi cover filter udaranya. Sehingga, airnya tidak menggenang di tutupnya," kata Didi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu caranya adalah bisa dengan menempelkan pelindung dari bahan plastik atau karet ban dalam yang sudah dibentuk sesuai ukuran boks filter udara pada bagian atas boks filter udara.

Sehingga, air yang menetes dari talang air tersebut tidak sampai merembes masuk ke dalam boks filter udara karena sudah diberi pelindung tambahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.