Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Solusi Penyakit Toyota Avanza Lawas, Water Hammer gara-gara Kehujanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi pertama dipasarkan pada 2003 hingga 2011. Tak sedikit konsumen yang masih mengendarai Avanza lawas tersebut karena tercatat sebagai mobil dengan populasi terbesar di Indonesia.

Namun, yang namanya mobil lawas, biasanya ada saja penyakit yang muncul. Salah satunya adalah masalah pada bagian mesin.

Beberapa pengguna Avanza lawas mengalami masalah water hammer. Padahal, hanya karena kehujanan, bukan nekat menerobos genangan air yang tinggi atau banjir.

Water hammer terjadi karena pada saat kehujanan, talang yang ada di balik kap mesin tidak optimal lagi menahan air. Sehingga, air menetes ke atas boks filter udara.

Dalam video tersebut, diajarkan juga bagaimana tips untuk mengatasi masalah tersebut. Solusinya adalah dilem kembali bagian karetnya menggunakan lem silikon.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, kejadian tersebut adalah kasus lama dan sudah ada pencegahannya.

"Bisa dengan mengganti atau memodifikasi cover filter udaranya. Sehingga, airnya tidak menggenang di tutupnya," kata Didi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu caranya adalah bisa dengan menempelkan pelindung dari bahan plastik atau karet ban dalam yang sudah dibentuk sesuai ukuran boks filter udara pada bagian atas boks filter udara.

Sehingga, air yang menetes dari talang air tersebut tidak sampai merembes masuk ke dalam boks filter udara karena sudah diberi pelindung tambahan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/14/092200415/solusi-penyakit-toyota-avanza-lawas-water-hammer-gara-gara-kehujanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke