Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Mudik Lebaran, Ini Estimasi Biaya Servis Toyota Avanza

Kompas.com - 23/04/2022, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Lebaran 2022, banyak yang memilih untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi. Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan atau servis sebelum berangkat.

Perjalanan mudik pada umumnya dilakukan ke luar kota atau menempuh jarak jauh. Sehingga, kondisi mobil harus dijaga performanya agar aman dan nyaman selama perjalanan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, para pemilik kendaraan yang sudah tidak mendapat paket perawatan rutin di bengkel resmi sebaiknya memeriksakan mobil sebelum perjalanan.

Pemeriksaan atau pengecekan yang dilakukan lebih untuk memantau seputar sektor mesin, kelistrikan, rem, dan ban.

Baca juga: Melanggar Ganjil Genap Saat Mudik, Mobil Akan Dikeluarkan di Karawang


"Untuk mesin, diperiksa olinya, filter oli, filter udara, air pendingin radiator, dan juga tali kipasnya. Sementara untuk kelistrikan, dapat diperiksa kondisi pengisian aki, air aki, hingga lampu-lampu," jelas Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Didi menambahkan, untuk bagian pengereman, hendaknya pemilik mobil memeriksa kondisi minyak rem, ketebalan kanvas rem, dan periksa kondisi ban, termasuk ban serep.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi kopling untuk mobil dengan sistem tranmisi manual.

"Sebaiknya kendaraan yang ingin dipakai diservis secara berkala. Agar item-item yang perlu dicek bisa dicek," ujar Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ingat Ada Ganjil Genap di Jalan Tol, Jangan Salah Pilih Tanggal Mudik

Ilustrasi perbaikan mobil Toyota Rush di bengkel Auto2000Dok. Auto2000 Ilustrasi perbaikan mobil Toyota Rush di bengkel Auto2000

Nurrahman mengatakan, servis tersebut meliputi ganti oli, wiper dan washer, sistem pembakaran, lampu-lampu dan klakson, sistem kemudi, sistem kelistrikan, sistem penggerak, dan sistem rem.

Toyota Avanza jadi salah satu mobil yang banyak digunakan untuk mudik. Untuk servis berkala MPV murah ini, dengan estimasi komponen pergantian oli mesin, saringan oli, gasket oli mesin, dan timah balance, diperkirakan memerlukan biaya sebesar Rp 543.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com