Kena Tilang Elektronik Padahal Tidak Melanggar, Masih Bisa Dianulir

Kompas.com - 10/06/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengendara mobil atau sepeda motor yang terdeteksi melanggar aturan lalu lintas oleh kamera E-TLE ( electronic law enforcement ) akan dikenakan tilang elektronik.

Bukti tersebut dapat dilihat di Back Office di control room dimana telah disiapkan SDM untuk menganalisa.

Kemudian akan diverifikasi data pelanggar yang masuk untuk di kroscek dengan data ERI (electronic registrasi dan identifikasi ).

Namun, bagaimana jika pengguna kendaraan kena tilang E-TLE padahal tidak melanggar aturan lalu lintas?

Baca juga: Ini Alasan Suzuki Indonesia Setop Pengembangan Diesel Hybrid

Budiyanto, Pemerhati masalah transportasi dan Hukum mengatakan jika penyidik dapat menganulir jika ada kesalahan tersebut.

“Kesalahan pengendara mobil yang kena E-TLE padahal merasa tidak melanggar, yang penting data pelanggar belum dikirim ke Pengadilan dan telah mendapatkan penetapan putusan dari Pengadilan,” kata Budiyanto kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.


Menurut Budiyanto, kesalahan tilang elektronik akan menjadi momentum bersama untuk perbaikan data registrasi kendaraan bermotor atau ERI.

Dengan perbaikan ini diharapkan tidak ada yang dirugikan atau salah mencantumkan subyek hukum dalam surat tilang.

Layar pemantau arus lalu lintas di ruang Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Selasa (5/4/2022).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Layar pemantau arus lalu lintas di ruang Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Selasa (5/4/2022).

Jika salah tilang tidaklah tepat akan berkonsekuensi terhadap permasalahan hukum baru, yakni Pra Peradilan.

“Penegakan hukum akan dapat berkonsekuensi terhadap masalah hukum baru sehingga perlu kecermatan dan kehati - hatian dalam menganalisa dan memverifikasi pelanggar yg masuk dlm Back Office sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menentukan subyek hukum atau pelanggar dlm surat tilang,” kata Budiyanto.

Baca juga: Begini Mekanisme Tilang Elektronik di Jalan Tol

Budiyanto juga menduga bila pengendara mobil yang kena tilang E-TLE padahal tidak melanggar bisa terjadi karena sejumlah faktor.

Faktor pertama, yaitu ada kendaraan mobil yang menggunakan nopol tidak sesuai peruntukannya atau plat nomor ganda. Faktor kedua, ialah analisa data pelanggar kurang cermat atau kurang teliti.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.