Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Suara Klakson Mobil Tiba-tiba Menjadi Sember

Kompas.com - 10/06/2022, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Klakson merupakan salah satu fitur pada kendaraan yang cukup berguna. Pasalnya, perangkat ini bisa menjadi alat komunikasi antar pengendara.

Sebagai contoh, minta diberi jalan, memburu-buru mobil di depannya, mewakili ekspresi marah hingga bisa digunakan untuk menyapa teman di jalan.

Maka dari itu, banyak orang berupaya menjaga performa klakson agar senantiasa berfungsi dengan baik. Bahkan ada beberapa orang yang memodifikasi suara klakson menjadi lebih empuk, lebih nyaring dan lain sebagaianya.

Bisa dibilang sebagian orang setuju bahwa suara klakson mencerminkan kewibawaan penggunanya. Mobil besar ya dibekali suara klakson besar, mobil kecil ya suara klaksonnya kecil. Begitulah kira-kira anggapan orang yang tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: Jangan Asal, Gunakan Klakson Juga Ada Etikanya

Pemudik sepeda motor teepantau melintasi Jalan Raya Daan Mogot dari arah Jakarta pada H-2 Lebaran, Sabtu (30/4/2022) Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Pemudik sepeda motor teepantau melintasi Jalan Raya Daan Mogot dari arah Jakarta pada H-2 Lebaran, Sabtu (30/4/2022)

Terlepas hal itu benar atau tidak, tetap saja klakson merupakan fitur kendaraan yang cukup berguna karena bisa dijadikan alat komunikasi selama berkendara. Jadi, mengetahui penyebab suara klakson mobil menjadi sember itu cukup penting.

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji menjelaskan, setidaknya ada empat hal yang bisa menyebabkan suara klakson menjadi sember, salah satunya dari kerusakan klakson itu sendiri.

“Bisa karena accu lemah, bisa juga klaksonnya terkena air, socket klakson kendor, dari klaksonnya itu sendiri yang rusak juga bisa,” ucap Mukti kepada Kompas.com Rabu (8/6/2022)

Baca juga: Beda Komunikasi Klakson dan Lampu Jauh pada Kendaraan

Kemacetan yang ditimbulkan warga saat hendak mencari tempat mengungsi saat gempa terjadi di Mamuju, Rabu (8/6/2022) siang tadi.KOMPAS.COM/HIMAWAN Kemacetan yang ditimbulkan warga saat hendak mencari tempat mengungsi saat gempa terjadi di Mamuju, Rabu (8/6/2022) siang tadi.

Menurut Mukti, suara sember klakson bisa dikarenakan akinya lemah. Benar juga, tidak mungkin klakson bisa berbunyi nyaring jika arus yang mengalir kecil.

Begitu juga socket klakson yang kendor juga bisa menyebabkan arus listrik yang mengalir ke klakson lebih sedikit.

Dia juga mengatakan klakson bisa menjadi sember karena terkena air, sehingga getaran suara yang seharusnya mengaung ini menjadi tertahan oleh air. Biasanya ini tipe klakson yang berbentuk seperti rumah keong.

Terakhir, Mukti menyampaikan klakson yang rusak juga bisa mengeluarkan suara sember. Dengan demikian, kerusakannya bersumber dari komponen dari dalam klakson itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com