Mercedes-Benz Axor Euro 4 Resmi Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 08/06/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) turut mendukung pemerintah dengan menghadirkan produk yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan meluncurkan truk heavy duty Mercedes-Benz Axor Euro 4.

Truk rakitan pabrik DCVI di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat ini, diklaim sudah lebih ramah lingkungan. Langkah ini diambil untuk mendukung regulasi pemerintah dalam menerapkan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel yang telah resmi diimplementasikan pada 7 April 2022 lalu.

Baca juga: Begini Cara Baca Kode Model pada Truk Axor dari Mercedes-Benz

Naeem Hassim, General Manager DCVI, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan proses transisi dengan melakukan penyempurnaan pada produk-produk unggulan.

Mercedes-Benz Axor Euro 4Dok. DCVI Mercedes-Benz Axor Euro 4

"Mercedes-Benz Axor Euro 4 dirancang dengan mesin OM 906 LA yang telah terbukti tangguh untuk masyarakat Indonesia, dilengkapi teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD pump). Kombinasi yang cocok untuk dioperasikan di Indonesia dengan pencapaian efisiensi maksimal bagi operator,” ujar Naeem, dalam keterangan resminya.

SCR dan Adblue berfungsi untuk menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi.

Baca juga: Belum Meluncur, Daimler Klaim Axor Euro 4 Sudah Kantongi Penjualan

Sementara ZPD Pump yang menjadi global standar dari Jerman, berfungsi untuk mengurangi kebocoran bahan bakar di area plunger. Sehingga, bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

Mercedes-Benz Axor Euro 4Dok. DCVI Mercedes-Benz Axor Euro 4

Ketiga komponen tersebut diyakini dapat memberikan waktu operasi yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 km. Selain itu, dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan emisi yang lebih bersih berkat teknologi SCR.

Selain itu, SCR juga masih memiliki keunggulan lainnya, yakni respons mesin terhadap pedal gas lebih baik, karena proses pembakaran yang optimal. Lalu, mesin lebih awet karena rendahnya risiko deposit karbon di dalam mesin. Kemudian, meminimalisasi risiko bahan bakar berkualitas buruk.

Baca juga: Merokok Sambil Mengendarai Motor Bisa Kena Denda Rp 750.000

Mercedes-Benz Axor Euro 4Dok. DCVI Mercedes-Benz Axor Euro 4

Faustina, Head of Product & Marketing DCVI, mengatakan, Mercedes-Benz Axor Euro 4 telah membawa pihaknya kepada peningkatan produksi rakitan dalam negeri dengan menambah jajaran model baru pada akhir tahun 2022 yang mencapai tujuh model dan akan terus berlanjut hingga tahun mendatang.

"Hal ini sejalan dengan strategi Pemerintah Indonesia untuk terus mendorong peningkatan komponen dalam negeri dalam dunia otomotif dan lead time yang lebih rendah dalam memenuhi permintaan pelanggan kami," kata Faustina.

Faustina menambahkan, Axor Euro 4 sudah bisa dipesan di diler resmi DCVI dan AdBlue sebagai cairan katalisator untuk teknologi SCR tersedia di seluruh jaringan diler resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.