Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mercedes-Benz Axor Euro 4 Resmi Meluncur di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) turut mendukung pemerintah dengan menghadirkan produk yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan meluncurkan truk heavy duty Mercedes-Benz Axor Euro 4.

Truk rakitan pabrik DCVI di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat ini, diklaim sudah lebih ramah lingkungan. Langkah ini diambil untuk mendukung regulasi pemerintah dalam menerapkan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel yang telah resmi diimplementasikan pada 7 April 2022 lalu.

Naeem Hassim, General Manager DCVI, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan proses transisi dengan melakukan penyempurnaan pada produk-produk unggulan.

"Mercedes-Benz Axor Euro 4 dirancang dengan mesin OM 906 LA yang telah terbukti tangguh untuk masyarakat Indonesia, dilengkapi teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD pump). Kombinasi yang cocok untuk dioperasikan di Indonesia dengan pencapaian efisiensi maksimal bagi operator,” ujar Naeem, dalam keterangan resminya.

SCR dan Adblue berfungsi untuk menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi.

Sementara ZPD Pump yang menjadi global standar dari Jerman, berfungsi untuk mengurangi kebocoran bahan bakar di area plunger. Sehingga, bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

Ketiga komponen tersebut diyakini dapat memberikan waktu operasi yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 km. Selain itu, dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan emisi yang lebih bersih berkat teknologi SCR.

Selain itu, SCR juga masih memiliki keunggulan lainnya, yakni respons mesin terhadap pedal gas lebih baik, karena proses pembakaran yang optimal. Lalu, mesin lebih awet karena rendahnya risiko deposit karbon di dalam mesin. Kemudian, meminimalisasi risiko bahan bakar berkualitas buruk.

Faustina, Head of Product & Marketing DCVI, mengatakan, Mercedes-Benz Axor Euro 4 telah membawa pihaknya kepada peningkatan produksi rakitan dalam negeri dengan menambah jajaran model baru pada akhir tahun 2022 yang mencapai tujuh model dan akan terus berlanjut hingga tahun mendatang.

"Hal ini sejalan dengan strategi Pemerintah Indonesia untuk terus mendorong peningkatan komponen dalam negeri dalam dunia otomotif dan lead time yang lebih rendah dalam memenuhi permintaan pelanggan kami," kata Faustina.

Faustina menambahkan, Axor Euro 4 sudah bisa dipesan di diler resmi DCVI dan AdBlue sebagai cairan katalisator untuk teknologi SCR tersedia di seluruh jaringan diler resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/08/090200715/mercedes-benz-axor-euro-4-resmi-meluncur-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke