Belum Meluncur, Daimler Klaim Axor Euro 4 Sudah Kantongi Penjualan

Kompas.com - 13/04/2022, 18:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), pemegang merek Mercedes Benz Truk dan Bus di Indonesia, bakal segera meluncurkan produk terbarunya Axor Euro 4, pada Juni 2022.

Meski terlambat, namun peluncuran produk ini menjadi jawaban terkait regulasi emisi gas buang dengan standar Euro 4 yang berlaku mulai April 2022. 

Head of Product Management & Marketing PT DCVI Faustina mengatakan, rencana peluncuran Axor Euro 4 di bulan Juni sebenarnya ada beberapa alasan di baliknya.

Baca juga: Langkah Daimler Indonesia Masuk ke Standar Emisi Euro IV Mesin Diesel

Serah terima secara simbolis Mercedes-Benz Axor Euro 4 hasil rakitan pertama PT DCVMI dengan PT DCVI, Selasa (7/12/2021).Kompas.com/Imalay Naomi L Serah terima secara simbolis Mercedes-Benz Axor Euro 4 hasil rakitan pertama PT DCVMI dengan PT DCVI, Selasa (7/12/2021).

"Tadinya kita mau adakan di bulan Maret, tapi kita maunya diadakan secara offline sehingga bisa undang customer dan adakan test drive on road maupun off road," ucapnya di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Tetapi, saat diputuskan pada Maret diluncurkan, pihak DCVI tidak percaya diri kasus Covid-19 di Indonesia membaik. Karena itu dicari alternatif waktu lain yang lebih tepat dan sudah kondusif.

"Kalau April puasa, enggak bisa. Mei, karena ada Lebaran jadi sudah dipotong dua minggu dan ada dua long weekend, jaadi kita pilih Juni," ucap Faustina.

Baca juga: Pakai Bio Solar, UD Trucks Klaim Quester Tetap Hasilkan Emisi Euro 5

Walaupun diluncurkan Juni, DCVI sudah melakukan penjualan. Bahkan sudah ada konsumen yang membeli unit Axor Euro 4 dalam jumlah yang banyak.

"Penjualan kita sudah mulai, secara angka kita sudah jual sekitar 3 digit unit (ratusan). Namun pengiriman unitnya masih di bulan depan," ucap Faustina.

Mengenai Axor Euro 4, untuk memenuhi standar emisi tersebut, DCVI menambah sistem Selective Catalytic Reduction (SCR). Sistem ini menyemprotkan larutan urea (Adblue) ke gas buang sehingga mengurangi kadar Nitrogen Okside (NOx).

Selain SCR, pada komponen mesin juga ditambah dengan Zero Pressure Drain (ZPD) Unit Pump serta injektor yang baru. Hasilnya, tenaga dan torsi puncak dari Axor Euro 4 meningkat dibanding pendahulunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.