Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Harapan Indah Akan Jadi Titik Baru CFD Bekasi

Kompas.com - 06/06/2022, 14:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan kedua agenda car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) yang diterapkan di Bekasi mendapatkan respon positif dari warga.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berencana menambah dua titik lokasi CFD di Bekasi.

Saat pekan kedua CFD di Bekasi hanya diterapkan pada satu titik yaitu di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

Baca juga: Diskon SUV Murah per Juni 2022, BR-V dan Rush Dapat Rp 10 Juta


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, dua titik yang direncanakan, yaitu kawasan Harapan Indah dan Jalan Zamrud, Mustikajaya.

Artinya, bila rencana tersebut jadi diterapkan maka kendaraan bermotor tidak akan bisa melewati dua jalan tersebut selama kegiatan CFD digelar

"Setelah pekan ketiga atau keempat di jalan Ahmad Yani, kita lakukan evaluasi pada pekan keempat, kita akan buka, ya terutama di Harapan Indah, setelah di Harapan Indah, ada di jalan Zamrud, Mustikajaya," kata Yayan dikutip dari Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau car free day (CFD) di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau car free day (CFD) di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Selain dua titik yang telah masuk daftar, Pemkot Bekasi tidak menutup kemungkinan akan menggelar CFD di sejumlah lokasi.

Jalan Jatiwaringin di Pondok Gede digadang-gadang akan menjadi titik CFD Kota Bekasi berikutnya.

Namun, Pemkot Bekasi masih perlu berkoordinasi dengan Polsek sekitar dan warga Jatiwaringin agar pelaksanaannya tidak menjadi masalah.

Baca juga: Cek Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari ini

"Nanti juga sebenarnya ada titik lain yang bisa dijadikan peluang untuk CFD, tapi sekarang sedang kami komunikasikan, apakah bisa lokasi tersebut dijadikan CFD," kata Yayan.

Menurut Yayan, penambahan titik lokasi CFD di Kota Bekasi diperlukan agar tujuan untuk mengurangi emisi gas kendaraan bermotor dapat diwujudkan.

"Fungsinya kan mengurangi emisi gas buang kendaraan. Kalau pengurangan emisi kendaraan dilakukan di banyak titik, itu lebih bagus," ujar Yayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com