Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Panas, Pebalap Formula E Jakarta Gelisah Kondisi Ban

Kompas.com - 03/06/2022, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Para pebalap Formula E mengatakan cuaca di Jakarta panas, sebab sirkuit Jakarta E-Prix 2022 berada di tepi pantai, tepatnya di Ancol, Jakarta Utara.

Meski demikian para pebalap akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi cuaca. Apapun bisa terjadi saat balapan.

Baca juga: Pebalap Jaguar Sebut Cuaca Jadi Tantangan Utama Formula E Jakarta

Stoffel Vandoorne, pebalap Mercedes EQ Formula E mengatakan, cuaca panas akan menyulitkan balapan. Jika saat balapan besok, Sabtu (4/6/2022) tetap terik maka bisa berpengaruh pada kondisi ban.

Jakarta International e-Prix Circuit yang dibangun khusus untuk balap Formula E ini, untuk pertama kalinya dipakai pada kejuaraan dunia balap mobil listrik.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Jakarta International e-Prix Circuit yang dibangun khusus untuk balap Formula E ini, untuk pertama kalinya dipakai pada kejuaraan dunia balap mobil listrik.

"Balapan ini akan sangat sulit, kita tidak dapat mengatur cuaca yang panas ini. Jadi, tentunya mungkin juga akan berpengaruh pada dan akan memperhatikan keamanan pada ban mobil dan juga baterai," katanya di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Hal senada diungkapkan pebalap Jaguar TCS Racing, tidak ada yang tahu apa yang dapat terjadi jika cuaca sangat panas. Sebaliknya, cuaca juga bisa berbalik dan justru hujan.

"Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di lapangan dengan cuaca yang mungkin sangat panas atau mungkin akan ada hujan. Apapun yang terjadi di trek kita tidak bisa memastikan," ungkapnya.

Baca juga: Begini Cara Mobil INCAR Polisi Rekam Pelanggaran Lalu Lintas

Mobil Formula E yang digunakan untuk drifting (mengepot) di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Kamis (2/6/2022).KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Mobil Formula E yang digunakan untuk drifting (mengepot) di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Kamis (2/6/2022).

Nick Cassidy, pebalap Envision Racing mengatakan senang bisa balapan di Jakarta. Sebab meski sering ke Asia (Korea dan Arab Saudi) tapi ini pertama kali diadakan di Ibu Kota Indonesia.

"Pertama-tama pasti kita senang sekali berada di Asia, dan pastinya kita walau sudah sering ke sini tapi untuk kali ini kita akan melaksanakan balapan Formula E yang sangat prestisius ini," kata dia.

"Yang paling penting yang perlu kita perhatikan adalah perhatian khusus pada performa mobil," ungkap Nick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com