Kendala Pebalap Formula E Balapan di Sirkuit Jakarta

Kompas.com - 03/06/2022, 14:30 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran balap Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta semakin dekat. Ajang balap mobil listrik ini akan dilaksanakan pada 4 Juni 2022.

Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan beradu kecepatan di Sirkuit Formula E Jakarta atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Tiga di antaranya adalah Stoffel Vandoorne dari Mercedes EQ Formula E, Mitch Evans pebalap Jaguar TCS Racing, dan Nick Cassidy dari tim Envision Racing.

Baca juga: Akses Masuk Penonton Formula E Jakarta Berdasarkan Kelas Tiket

Para pebalap pun antusias dengan sirkuit baru dalam ajang tersebut, namun di sisi lain mereka turut mengungkapkan tantangan dan kesulitan balapan di Formula E 2022 Jakarta.

“Balapan ini akan sangat sulit, kita tidak bisa menampung cuaca yang panas ini, dan ini tentu akan berpengaruh pada ban mobil,” ucap Stoffel Vandoorne dari Mercedes EQ Formula E, saat press conference, Jumat (3/6/2022).

Selain itu, menurut Vandoorne, kondisi trek di Indonesia berbeda dengan beberapa sirkuit lainnya lantaran tidak adanya pasir seperti di Berlin.

Tak berbeda dengan Vandoorne, Cassidy juga mengungkapkan bahwa cuaca menjadi salah satu tantangan utama dalam balapan Formula E di Jakarta.

Jakarta International e-Prix Circuit yang dibangun khusus untuk balap Formula E ini, untuk pertama kalinya dipakai pada kejuaraan dunia balap mobil listrik.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Jakarta International e-Prix Circuit yang dibangun khusus untuk balap Formula E ini, untuk pertama kalinya dipakai pada kejuaraan dunia balap mobil listrik.

“Tidak ada yang tahu dengan keadaan di lapangan nanti, panas atau tidak. Kita tidak bisa memastikan apapun yang terjadi di trek,” kata dia.

Kendala yang sama juga dirasakan oleh Mitch Evans, namun dirinya mengaku akan lebih fokus menjaga performa kendaraan.

“Persiapan seperti sebagaimana biasanya, kita perlu perhatikan cuaca dan performa mobil karena kondisi trek dan cuaca (panas dan hujan). Jadi, tentu kita harus banyak latihan,” ucapnya.

Baca juga: Berikut Tempat Parkir Kendaraan untuk Penonton Formula E Jakarta

Namun, ketiga driver Formula E tersebut mengaku sangat bersemangat mencoba trek baru di JIEC. Salah satunya adalah Mitch Evans yang tak sabar untuk menggeber mobil balap listriknya.

“Balapan memang akan sulit diprediksi, namun layout di sini (JIEC) sangat bagus dan menantang. Terpenting adalah kami bisa menyelesaikan balapan dengan baik,” kata Evans.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.