Pebalap Jaguar Sebut Cuaca Jadi Tantangan Utama Formula E Jakarta

Kompas.com - 03/06/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Formula E dari Jaguar TCS Racing, Mitch Evans dan Sam Bird, mengaku bahwa perbedaan cuaca menjadi salah satu tantangan di setiap lokasi ajang Formula E, tidak terkecuali Jakarta.

Pasalnya, perbedaan suhu memengaruhi performa kendaraan Formula E, terutama pada tekanan ban yang digunakan baik dalam kondisi jalan kering ataupun basah.

"Ada beberapa hal yang menjadi tantangan ya, khususnya dari perbedaan cuaca, kelembapan, serta suhu. Sebab, berbeda suhu akan berbeda pula performa kendaraan," kata Mitch di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Mau Nonton Langsung Formula E Jakarta, Dilarang Bawa Kendaraan Sendiri

Jajaran Jaguar Land Rover Indonesia dan tim Jaguar TCS Racing di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk, Kamis (2/6/2022).KOMPAS.com/Ruly Jajaran Jaguar Land Rover Indonesia dan tim Jaguar TCS Racing di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk, Kamis (2/6/2022).

Kemudian, tantangan lainnya ialah pada sirkuit yang digunakan yakni di dalam kota dengan lintasan lebih lebar. Hal itu membuat strategi para pebalap berkaitan cukup berbeda pula dari sebelumnya.

Sam bahkan tidak menampik saat melakukan pengujian simulator sirkuit beberapa waktu lalu, ia sempat menemukan suatu jalur yang menantang dan butuh strategi atau perhatian khusus.

"Tapi, persiapan sudah lengkap dan saya tidak sabar untuk kali pertama balapan di Jakarta, Indonesia," kata dia.

Adapun perbedaan kendaraan pada Formula E dibanding kejuaran balap lainnya, Mitch mengatakan bahwa mobil memiliki tenaga yang luar biasa, terkhusus pada akselerasi.

Baca juga: Apa Saja Syarat Ganti Pelat Nomor Putih?

ilustrasi Formula E Racefiaformulae.com ilustrasi Formula E Race

"Kemudian suaranya juga berbeda, (mesin kendaraan) Formula E ini lebih silent suaranya, lalu dari fitur teknologi juga memiliki perbedaan signifikan dan tentunya futuristik," ujarnya.

Untuk diketahui, terdapat 22 pebalap dari 11 tim akan tampil dalam ajang Formula E Jakarta yang dihelat di Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta, Ancol, pada Sabtu (4/6/2022).

Berikut susunan acara Formula E Jakarta 2022:

- 10.00-10.40: pembukaan dan acara musik
- 10.40-11.55: kualifikasi grup A dan B
- 12.30-14.45: hiburan konser musik untuk masing-masing area tiket
- 14.45-15.00: opening ceremony
- 15.00-15.03: MC race announcing
- 15.03-15.04: mobil masuk posisi start
- 15.04-16.00: balapan digelar
- 16.00-16.30: podium ceremony
- 16.30-17.00: audience gimmick. Setelah acara inti, acara hiburan masih dilanjutkan dengan konser musik hingga pukul 22.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.