Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Ngebut Bikin Mesin Mobil Tambah Optimal?

Kompas.com - 02/06/2022, 18:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki mobil dengan performa yang selalu optimal menjadi dambaan banyak orang. Ada banyak rekomendasi cara yang dapat menambah kemampuan mesin mobil.

Ngebut sesekali dipercaya untuk menjaga performa mesin tetap prima. Ngebut yang dimaksud adalah menjalankan mobil dengan putaran mesin (rpm) yang tinggi, seperti melaju di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Artinya bukan melakukan aktivitas kebut-kebutan di jalan raya.

Baca juga: Yamaha Tegaskan Belum Ada Tempat Buat Toprak Razgatlioglu


"Kendaraan yang menggunakan busi biasa cenderung akan menghasilkan endapan karbon di bagian ujung elektroda," ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bagi para pengguna mobil di kota-kota besar yang sering mengalami macet. Dalam kondisi tersebut, mobil hanya dijalankan pada rpm yang rendah.

Posisi berkendara Hyundai CretaKompas.com/Donny Posisi berkendara Hyundai Creta

Dampaknya, dapat menyebabkan penumpukan karbon di ruang pembakaran mesin. Sehingga, tarikan mobil akan terasa berat.

Endapan karbon yang menumpuk ini tidak akan bisa dibersihkan hanya dengan memanaskan kendaraan atau dijalankan pada rpm rendah. 


Sebab,yang dihasilkan saat memanaskan mobil berbeda dengan panas yang dihasilkan saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi atau putaran mesin yang tinggi.

"Pemilik kendaraan sesekali bisa memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi guna menghindari tarikan mobil berat. Namun, perlu diingat kecepatan harus di bawah ambang batas aman (red line), maksimal kecepatan 100 km/jam," kata Didi.

Baca juga: Imbas Krisis Cip Semikonduktor, Distribusi Motor Honda Terlambat


“Cara sederhana ini bisa menghilangkan dan membakar karbon yang menumpuk pada kendaraan. Jadi pemilik mobil tidak perlu tune-up karena biayanya cukup mahal,” ujarnya.

Di sisi lain, ada cara lain untuk menjaga performa mesin mobil adalah dengan melakukan perawatan rutin, seperti tune up dan ganti oli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com