Sedan Kesulitan Menanjak di Jalan Curam, Bagaimana Kalau Jalan Mundur?

Kompas.com - 03/06/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan mobil berpenggerak belakang alias RWD (Rear Wheel Drive), mobil penggerak depan atau FWD (Front Wheel Drive) biasanya lebih sulit berjalan saat melewati jalan menanjak yang curam.

Hal ini terjadi secara alami karena distribusi bobot mobil yang cenderung lebih berat ke belakang sewaktu menanjak. Akhirnya traksi roda depan pun berkurang.

Kondisi inilah yang menjadi tantangan bagi mobil FWD, lantaran ban depan mobil tidak menapak sempurna, terlebih ketika mobil penuh penumpang.

Baca juga: Kata Pertamina Soal Kriteria Mobil Mewah yang Tak Boleh Beli Pertalite

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indra Radian Fathan (@indra_fathan)

Bagi sedan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar mobil kuat menanjak di jalan curam. Salah satunya dengan berjalan secara mundur.

Secara logika, cara ini sebetulnya meniru sistem kerja mobil RWD. Namun apakah trik ini aman dilakukan?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, dirinya tidak merekomendasikan hal ini bagi pengemudi pemula.

Baca juga: Daihatsu Sirion Terbaru Meluncur, Langsung Tantang Honda Brio

“Jalan mundur butuh skill khusus, enggak semua pengemudi bisa,” ujar Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, kepada Kompas.com (2/6/2022).

“Karena melihatnya ke 3 poin, kaca spion tengah, samping kiri dan kanan. Mata tidak melihat langsung ke belakang,” kata dia.

Sony menambahkan, saat melakukan jalan mundur, pengetahuan keseimbangan serta reference point pengemudi harus tinggi.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid 2023 Meluncur, Lebih Canggih dan Bertenaga

@kukuhfajar5 Rasane ndak karuan #tanjakanviraldieng #desasembungan #sikunirdieng #sikunirgoldensunrise #wonosobo #curugsikarim #tanjakanextreem ? suara asli - Kukuh Fajar

Untuk diketahui, pengemudi pemula umumnya belum begitu paham untuk menerka ruang imajiner yang berada di sekeliling mobil. Hal ini membuat mereka sering menyerempet sesuatu yang ada di dekat mobil.

Oleh sebab itu, Sony tidak merekomendasikan mundur di tanjakan menggunakan sedan, terutama bagi pengemudi pemula.

“Faktor gagal menanjak ada banyak. Untuk penggerak depan, idealnya memang harus menggunakan momentum dengan gigi rendah dari bawah,” ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.