Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat yang Belum Tahu, Ini Alasan Mobil Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

Kompas.com - 14/02/2022, 11:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper merupakan salah satu komponen bawaan wajib dari setiap mobil. Komponen ini berfungsi sebagai pembersih otomatis kaca yang akan memudahkan kita saat berkendara, khususnya dalam kondisi jalan hujan maupun berkabut.

Selain wiper di kaca depan, beberapa mobil juga memiliki wiper di bagina kaca belakang. Sama seperti wiper depan, penyeka kaca yang ada di belakang berguna untuk menyapu air ketika hujan.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Ketika kaca belakang kotor, tentu pandangan pengemudi akan kondisi jalan di belakangnya jadi tidak terlihat. Namun, ternyata tidak semua kendaraan memiliki wiper untuk membersihkan kaca belakang, salah satunya model sedan.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, wiper untuk kaca belakang biasa ditemui di mobil jenis hatchback, SUV, maupun MPV. Hal ini dikarenakan bentuk dari bodi bagian belakangnya.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.

“Hal ini dikarenakan turbulensi kotoran dari ban bisa mengotori kaca, oleh karena itu, perlu ditambah wiper belakang,” ucap Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dipakai Marc Marquez, AHM Belum Tertarik Jual Vario 160 Repsol Honda

Sedangkan mobil sedan memiliki bagian bagasi di belakang yang cukup panjang. Kemudian kaca belakang juga relatif landai dan letaknya jauh dari ban belakang, sehingga turbulensi maupun cipratan air dari ban belakang tidak akan sampai ke kaca.

Memang beberapa model sedan ada yang menggunakan wiper di kaca belakangnya, namun tidak sebanyak SUV atau model lain yang bagian belakangnya rata. Oleh karena itu, wiper di kaca belakang mobil sedan tidak begitu diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com