Mengenal Lebih Dekat Porsche Taycan Turbo S, Safety Car Formula E 2022

Kompas.com - 03/06/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ajang balap pada umumnya memiliki safety car, termasuk Formula E. Ajang balap ini juga menggunakan mobil listrik sebagai safety car.

Mulai musim ini, Porsche Taycan bertugas sebagai ABB FIA Formula E World Championship Safety Car. Debutnya dimulai pada seri pembuka di Diriyah, Arab Saudi, akhir Januari 2022.

Baca juga: Begini Anatomi Mobil Balap Listrik Formula E

Dikutip dari Fiaformulae.com, Kamis (2/6/2022), mobil listrik pertama buatan Porsche ini diklaim memiliki kemampuan berkendara dan keamanan yang sangat baik. Taycan Turbo S dengan performa tinggi memiliki tenaga hingga 560 kW atau setara 761 tk dan torsi maksimal mencapai 940 Nm.

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EDok. Fiaformulae.com Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E

Tenaga dan torsi tersebut akan dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua percepatan.

Dengan fitur launch control, tipe tertinggi dari Taycan ini mampu mengeluarkan torsi hingga 1.050 Nm dan berakselerasi 0-100 kilometer per jam dalam 2,8 detik. Top speed mobil ini juga diklaim dapat tembus 260 kilometer per jam.

Baca juga: Beda dengan Ban Balap Lain, Ini Keunggulan Ban Formula E

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EDok. Fiaformulae.com Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E

Taycan Turbo S yang digunakan sudah dimodifikasi untuk kebutuhan Safety Car, seperti penggunaan rollcage, jok balap dengan sabuk pengaman enam titik, serta sistem penerangan dan Marelli Logger System.

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EPorsche AG Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E

"Kami bangga Formula E sudah mempercayai Porsche dengan tugas ini, salah satu yang penting untuk keselamatan dari para pebalap," ujar Thomas Laudenbach, Wakil Presiden Porsche Motorsport.

Laudenbach menambahkan, dengan Taycan Turbo S sebagai safety car resmi, pihaknya memberikan kontribusi penting untuk keamanan trek dan menggarisbawahi pentingnya Formula E untuk Porsche Motorsport.

Baca juga: Penyakit Kronis di Jalan, Pengendara Motor yang Lawan Arus

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EDok. Fiaformulae.com Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E

Desain livery yang digunakan terinspirasi dari semua tim yang berkompetisi di Formula E. Selain itu, sebagai ekspresi dari nilai keberagaman.

Porsche Taycan Turbo S juga dipasarkan oleh PT Eurokars Artha Utama, agen pemegang merek Porsche di Indonesia, dengan banderol tembus Rp 6 miliar lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.