[POPULER OTOMOTIF] Video Viral Bus Mogok karena Harus Matikan Mesin di SPBU | Mulai 6 Juni 2022, Ini 25 Ruas Jalan di Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap

Kompas.com - 03/06/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini ada video yang memperlihatkan bus diam karena aki yang tekor setelah mengisi Solar di SPBU. Video ini diunggah oleh akun Amung Supirulin di Tiktok, Rabu (1/6/2022).

"Ini akibatnya kalau ngisi BBM mesin harus dimatiin. Begitu beres ngisi solar, aki tekor mesin enggak bisa dihidupkan. Jadi menghambat, menghalangi," ucapnya dalam video tersebut dikutip Kompas.com, Rabu (2/6/2022).

Dikeluhkan perbedaan aturan di beberapa SPBU. Ada saja SPBU yang memperbolehkan bus untuk tetap menyalakan mesinnya saat isi solar, namun juga ada yang harus mematikan mesinnya.


Selain itu, Wilayah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan kawasan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap pada 25 ruas jalan. Kebijakan ini kembali diterapkan seiring dengan peningkatan volume lalu lintas di wilayah Jakarta usai penetapan pelaksanaan PPKM level 1 wilayah Jabodetabek.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan dengan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo pada keterangan resmi, Rabu (1/6/2022).

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis (2/6/2022) :

1. Video Viral Bus Mogok karena Harus Matikan Mesin di SPBU

Selain mencegah kejadian seperti di atas, alasan pengemudi bus tidak mematikan mesin juga karena mempertimbangkan kenyamanan penumpang.

Ketika mesin bus mati, maka AC di kabin juga ikut mati, apalagi mengisi solar bus butuh waktu yang lama, mengingat kapasitas tangkinya yang ratusan liter.

Jadi penumpang bisa kepanasan dan pengap saat menunggu isi bahan bakar Alasan lainnya adalah solar sebenarnya tidak sensitif seperti bensin yang mudah terbakar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.