Uji Perfoma dan Konsumsi BBM Honda Brio RS vs Daihatsu Sirion

Kompas.com - 24/05/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas aspek menarik pada bagian eksterior serta interior. Tim redaksi kini akan membahas tentang perfoma dan konsumsi bahan bakar dari Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion.

Kedua mobil ini memang sama-sama bertarung di kelas city car, namun dengan kapasitas mesin yang sedikit berbeda. Honda Brio RS mengusung mesin 1.2 L, sedangkan Daihatsu Sirion berkubikasi 1.3 L.

Baca juga: Adu Tampilan Honda Brio RS Lawan Daihatsu Sirion

Soal urusan perfoma, Honda Brio RS dibekali mesin 1.199 cc SOHC 4-silinder i-VTEC yang dikawinkan dengan transmini manual 5 percepatan atau CVT.

Dengan kapasitas mesin tersebut, Brio RS mampu memuntahkan tenaga sebesar 88 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm.

Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interiorHPM Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior

Adapun Daihatsu Sirion menggunakan mesin berkubikasi 1.329 cc DOHC. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan ada juga pilihan transmisi matik.

Di atas kertas, dapur pacu Daihatsu Sirion mampu memuntahkan tenaga 93,7 tk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 119 Nm pada 4.200 rpm.

Bicara soal konsumsi BBM, pada pengetesan yang tim redaksi lakukan menggunakan Honda Brio, tercatat pada layar MID untuk Honda Brio dalam rute perkotaan dan jalan tol mampu menghasilkan 27,2 kilometer per liter (kpl).

Hasil tersebut ditempuh dengan kecepatan mobil minimal 40 kpj dan maksimal 80 kpj dengan rpm maksimal sampai 1.500 dan minimum 1.100.

Kemungkinan untuk Honda Brio RS hasil yang didapat akan sama, mengingat tidak ada perbedaan dari sektor mesin.

Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020Kompas.com/Setyo Adi Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020

Sementara untuk Daihatsu Sirion, dari hasil catatan di MID konsumsinya menunjukan angka 14,7 kpl.

Angka tersebut didapat dari variasi gaya berkendara yang cenderung santai dan normal saat melewati ruas jalan Ibu Kota dan sedikit agresif di jalan tol.

Baca juga: Jangan Biasakan Posisi Ban Menekan Trotoar Saat Parkir

Artinya, untuk sektor perfoma Daihatsu Sirion lebih unggul dibandingkan dengan Brio RS. Kendati demikian, soal konsumsi bahan bakar Brio RS memang lebih irit dibandingkan dengan Sirion.

Namun perlu digaris bawahi, hasil konsumsi BBM tersebut tidak bisa menjadi acuan baku. Mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari kondisi jalan, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.