Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Perfoma dan Konsumsi BBM Honda Brio RS vs Daihatsu Sirion

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas aspek menarik pada bagian eksterior serta interior. Tim redaksi kini akan membahas tentang perfoma dan konsumsi bahan bakar dari Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion.

Kedua mobil ini memang sama-sama bertarung di kelas city car, namun dengan kapasitas mesin yang sedikit berbeda. Honda Brio RS mengusung mesin 1.2 L, sedangkan Daihatsu Sirion berkubikasi 1.3 L.

Soal urusan perfoma, Honda Brio RS dibekali mesin 1.199 cc SOHC 4-silinder i-VTEC yang dikawinkan dengan transmini manual 5 percepatan atau CVT.

Dengan kapasitas mesin tersebut, Brio RS mampu memuntahkan tenaga sebesar 88 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm.

Adapun Daihatsu Sirion menggunakan mesin berkubikasi 1.329 cc DOHC. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan ada juga pilihan transmisi matik.

Di atas kertas, dapur pacu Daihatsu Sirion mampu memuntahkan tenaga 93,7 tk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 119 Nm pada 4.200 rpm.

Bicara soal konsumsi BBM, pada pengetesan yang tim redaksi lakukan menggunakan Honda Brio, tercatat pada layar MID untuk Honda Brio dalam rute perkotaan dan jalan tol mampu menghasilkan 27,2 kilometer per liter (kpl).

Hasil tersebut ditempuh dengan kecepatan mobil minimal 40 kpj dan maksimal 80 kpj dengan rpm maksimal sampai 1.500 dan minimum 1.100.

Kemungkinan untuk Honda Brio RS hasil yang didapat akan sama, mengingat tidak ada perbedaan dari sektor mesin.

Sementara untuk Daihatsu Sirion, dari hasil catatan di MID konsumsinya menunjukan angka 14,7 kpl.

Angka tersebut didapat dari variasi gaya berkendara yang cenderung santai dan normal saat melewati ruas jalan Ibu Kota dan sedikit agresif di jalan tol.

Artinya, untuk sektor perfoma Daihatsu Sirion lebih unggul dibandingkan dengan Brio RS. Kendati demikian, soal konsumsi bahan bakar Brio RS memang lebih irit dibandingkan dengan Sirion.

Namun perlu digaris bawahi, hasil konsumsi BBM tersebut tidak bisa menjadi acuan baku. Mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari kondisi jalan, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/24/172100515/uji-perfoma-dan-konsumsi-bbm-honda-brio-rs-vs-daihatsu-sirion

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke