Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Mobil yang Cocok Jadi Bahan Modifikasi Motorhome

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren motorhome di Indonesia saat ini memang sedang naik. Apalagi untuk orang yang senang liburan sambil eksplorasi, motorhome cocok untuk digunakan bepergian.

Motorhome sendiri merupakan mobil dengan interior yang sudah dimodifikasi sehingga nyaman untuk ditinggali. Jadi ketika bepergian, tidak perlu lagi cari hotel, tinggal menuju tempat yang aman dan tidur di kabin mobil.

Bagi yang berminat untuk memodifikasi mobilnya menjadi motorhome, apakah ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi dari kendaraan yang menjadi basisnya?

Umbu Tedy, Head Division Motorhome Baze, karoseri modifikasi interior kendaraan mengatakan, idealnya bisa mencari mobil dengan bentuk yang mengotak atau boxy agar leluasa di dalam kabinnya.

“Paling kecil bisa Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, Nissan Evalia, atau Toyota HiAce itu enak. Motorhome itu kenapa disebut ‘home’ karena jadi rumah, artinya bisa betah tinggal di dalamnya dalam waktu yang lama,” ucap Umbu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, Managing Director karoseri Delima Jaya Winston Wiyanta juga mengatakan, sebuah mobil yang ideal dijadikan motorhome selama dimensi dalamnya yang mencukupi untuk keperluan camper, seperti sofa bed, toilet, kitchen, meja, dan lain-lain.

“Idealnya, lebar kendaraan tidak kurang dari 1,8 meter, serta panjang tidak kurang dari 5 meter. Dengan begitu, banyak perlengkapan yang bisa dipasang di kabin,” kata Winston.

Memang bisa juga jika memakai mobil dengan dimensi yang lebih kecil, namun ada beberapa fitur yang dihilangkan karena tidak muat. Misalnya jika memakai mobil yang lebih kecil, tidak memiliki dapur atau wastafel.

“Tetap bisa pakai basis kendaraan yang lebih kecil, cuma fiturnya jadi lebih terbatas,” ucap Winston.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/19/071200415/ini-mobil-yang-cocok-jadi-bahan-modifikasi-motorhome

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke