Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enea Bastianini Mulai Dilirik Tim Pabrikan, Honda Terdepan

Kompas.com - 15/04/2022, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Enea Bastianini sedang jadi pembicaraan panas di paddock MotoGP. Setelah meraih dua kemenangan di awal musim, Bastianini disebut masuk incaran para tim besar.

Salah satu yang disebut tertarik ialah Repsol Honda. Seperti diketahui nasib Pol Espargaro di Honda sedang dipertanyakan apabila performa pebalap asal Spanyol itu tak kunjung memuaskan.

Baca juga: Biaya Perawatan Jeep Compass Sampai 5 Tahun, Siapkan Rp 60 Jutaan

Pengamat MotoGP sekaligus manager pebalap Carlo Pernat, mengatakan, jikapun ditawari oleh Honda, kemungkinan besar akan ditolak oleh pebalap Gresini Racing tersebut.

Enea Bastianini menang pada MotoGP Amerika 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini menang pada MotoGP Amerika 2022

Alasannya ialah Bastianini pernah di Honda waktu masih di Moto3. Pebalap Italia itu kecewa di Honda dan hampir menghentikan karier Bastianini saat itu.

"Enea tidak akan pernah pergi ke Honda di masa depan, karena dia sudah melakukannya di Moto3 dan hampir berhenti menjadi pebalap,” kata Pernat mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (15/4/2022).

Meski tidak merinci apa yang terjadi, Pernat mengatakan Bastianini punya pengalaman buruk dengan Honda.

Baca juga: Bus Baru PO ALS Kelas Super Eksekutif, Pakai Livery Berbeda

“Dia memiliki pengalaman buruk itu dan dia pasti tidak akan pergi ke Honda dalam beberapa tahun ke depan. Orang Spanyol tidak bisa mengatur orang Italia," katanya.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022TINO MARTINO Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022

"Saya suka mengatakan yang sebenarnya dan saya sangat langsung ketika saya berbicara tentang hal-hal ini,” ungkapnya.

Tapi pernyataan sang manager malah ditepis oleh Bastianini. Pebalap berjuluk The Beast itu mengatakan, jika saat ini Honda ingin menghubunginya maka dia akan membuka pintu.

"Masa depan di Honda? Saat ini, saya tidak merasa ingin mengecualikan apa pun, sebaliknya, saya percaya bahwa Spanyol telah membuat saya tumbuh dan dengan tim Monlau dan hubungan tetap lebih dari baik di antara kami,” ungkapnya.

Baca juga: Catat, Ini Cara dan Biaya Mutasi Kendaraan Bermotor

Adapun soal motornya saat ini, Bastianini mengatakan dia cukup puas dengan Desmosedici yang dia pakai. Pada dasarnya spesifikasi motornya tidak beda jauh dengan yang dipakai pebalap pabrikan.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022

“Ducati sangat percaya pada saya dan telah menempatkan saya dalam posisi untuk melakukannya dengan sangat baik, motor saya tidak terlalu jauh dari GP22, saya senang dengan tempat saya sekarang," katanya.

"Pada titik tertentu kita harus berbicara tentang masa depan, tentu saja, kemudian kita akan lihat, sekarang saya dalam kondisi terbaik dan saya hanya ingin memikirkan saat ini, untuk membuat balapan yang baik dan menikmati puncak klasemen bersama tim," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com