Skema "One Way" dan Ganjil Genap di Jalur Puncak Berlaku Situasional

Kompas.com - 16/05/2022, 08:02 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Liburan panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak sudah mencapai di pengujungnya, Senin (16/5/2022).

Guna meminimalisasi kemacetan yang bertepatan dengan momentum tersebut, kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Lalu Lintas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengatakan, rekayasa lalu lintas termasuk penyekatan dilakukan untuk memutus rantai antrean yang terus memanjang sejak siang hingga petang.

Baca juga: Toyota bZ4x Sudah Tiba di Indonesia, Persiapan untuk G20

Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.

Menurut dia, kebijakan ini sengaja dilakukan sambil menunggu sistem satu arah diberlakukan.

"Sifatnya situasional, ketika pendorong dari Polres Bogor sudah dapat dilakukan, sistem satu arah akan diterapkan sebagai solusi terakhir macet di jalur Puncak,” ujar Yudistira, disitat dari Antara (15/5/2022).

“Namun, sejak pagi hingga petang, arus kendaraan dari kedua arah cukup tinggi, sehingga kami masih menunggu koordinasi," kata dia.

Baca juga: Stargazer Makin Sering Seliweran di Jalan, Ini Kata Hyundai

Yudistira juga mengatakan, sistem ganjil genap masih berlaku di jalur Puncak sebagai upaya menekan tingginya volume kendaraan.

Seperti diketahui, volume kendaraan yang tinggi dapat menyebabkan kemacetan total, terutama ketika tempat wisata mulai tutup pada petang hari.

"Untuk kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak sejak siang sudah diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi agar tidak terjebak antrean dengan laju terhenti selama beberapa menit,” ucap Yudistira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.