Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Skema "One Way" dan Ganjil Genap di Jalur Puncak Berlaku Situasional

BOGOR, KOMPAS.com – Liburan panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak sudah mencapai di pengujungnya, Senin (16/5/2022).

Guna meminimalisasi kemacetan yang bertepatan dengan momentum tersebut, kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Lalu Lintas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengatakan, rekayasa lalu lintas termasuk penyekatan dilakukan untuk memutus rantai antrean yang terus memanjang sejak siang hingga petang.

Menurut dia, kebijakan ini sengaja dilakukan sambil menunggu sistem satu arah diberlakukan.

"Sifatnya situasional, ketika pendorong dari Polres Bogor sudah dapat dilakukan, sistem satu arah akan diterapkan sebagai solusi terakhir macet di jalur Puncak,” ujar Yudistira, disitat dari Antara (15/5/2022).

“Namun, sejak pagi hingga petang, arus kendaraan dari kedua arah cukup tinggi, sehingga kami masih menunggu koordinasi," kata dia.

Yudistira juga mengatakan, sistem ganjil genap masih berlaku di jalur Puncak sebagai upaya menekan tingginya volume kendaraan.

Seperti diketahui, volume kendaraan yang tinggi dapat menyebabkan kemacetan total, terutama ketika tempat wisata mulai tutup pada petang hari.

"Untuk kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak sejak siang sudah diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi agar tidak terjebak antrean dengan laju terhenti selama beberapa menit,” ucap Yudistira.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/16/080200815/skema-one-way-dan-ganjil-genap-di-jalur-puncak-berlaku-situasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke