Kapan Pebalap Formula E Akan Jajal Sirkuit Ancol?

Kompas.com - 09/05/2022, 14:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Ancol akan jadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022. Saat ini pembangunan sirkuit sedang mencapai tahap finalisasi temporary structure.

Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, mengatakan, persiapan sikuit sudah matang dan diharapkan semua sudah selesai akhir Mei 2022.

Baca juga: Prestasi Rossi yang Sulit Ditandingi Pebalap Muda

Presiden RI Joko Widodo berkunjung mengecek kondisi pembangunan Sirkuit Ancol buat Formula E 2022.Foto: PPID DKI Jakarta Presiden RI Joko Widodo berkunjung mengecek kondisi pembangunan Sirkuit Ancol buat Formula E 2022.

"Diharapkan 28 Mei semua sudah selesai. Nanti mulailah pebalap dan mobil-mobil berdatangan di akhir minggu terakhir," kata Irawan kepada Kompas.com, yang ditemui akhir pekan lalu.

Irawan mengatakan, setelah semuanya selesai para pebalap akan mencoba sirkuit yang dibangun di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall), dalam tes resmi.

"Pasti (nyobain sirkuit sebelum balap) ada jadwal sendiri, jadi pebalap tidak leluasa untuk sembarang tes, tapi ada jadwal resminya sendiri," kata Irawan.

Baca juga: Masa Berlaku STNK Habis Saat Libur Lebaran, Ada Dispensasi Hari Ini

Layout tiket Formula E JakartaKOMPAS.com/Ruly Layout tiket Formula E Jakarta

"Yang resmi ada shakedown test satu hari sebelumnya. Sirkuit ini baru dan belum ada yang coba dan tes drive juga, jadi langsung menuju ke tanggal 4 Juni (balapan)," katanya.

Sirkuit Formula E Ancol punya panjang lintasan 2,4 km, lebar 12 meter dan jumlah 18 tikungan. Lebar trek 12 meter minimal dan di beberapa titik mencapai 20 meter.

Mobil Formula E Gen 2 saat ini punya panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter. Sedikit lebih kompak atau tidak selebar mobil Formula 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.