Pulang Mudik Lebaran, Ini Komponen Mobil yang Wajib Dicek

Kompas.com - 09/05/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran 2022 menjadi momen yang sangat spesial, karena pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk mudik setelah dua tahun dilarang. Tak sedikit yang melakukannya menggunakan mobil pribadi.

Bagi pemudik yang sudah kembali ke kota asal, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan pada mobil. Sebab, mobil sudah bekerja keras cukup lama, mulai berangkat mudik, dipakai di daerah tujuan, dan kembali lagi ke kota asal.

Apalagi, mobil juga dipakai untuk mengangkut beban yang cukup berat dan menempuh waktu yang cukup lama karena macet. Untuk itu, sangat disarankan mengecek kondisi mobil.

Baca juga: Bensin Mobil Basi Saat Ditinggal Mudik, Gini Cara Mengatasinya

Setelah digunakan untuk perjalanan jauh, tak jarang ada beberapa komponen yang aus dan harus secepatnya diganti. Salah satu komponen yang perlu dicek adalah kopling.

Ilustrasi servis mobilDOK. PEXELS Ilustrasi servis mobil

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, kopling biasanya bermasalah akibat cara penggunaan yang tidak tepat.

“Seperti kalau kena macet panjang, pengemudinya tidak bisa main rem parkir (handbrake), koplingnya dibiarkan setengah main. Jadi cepat rusak,” ujar Deni, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, menurut Deni, penyakit lain yang sering ditemui usai mudik adalah goresan pada bodi mobil. Ada lecet di bagian bumper depan, pintu, atau bumper belakang.

Baca juga: Beda dengan Mudik, Ini 3 Parameter Penentu One Way Saat Arus Balik

“Mungkin ada yang habis menyerempet. Perbaikan bodi mobil yang baret ini biasanya habis liburan ada kenaikan permintaan,” kata Deni.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Selain kopling dan bodi, faktor lain yang juga tak kalah penting adalah oli, baik oli mesin maupun oli transmisi. Pastikan pemilik mobil memeriksa komponen cairan penting ini.

Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volumenya berkurang.

“Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak,” ujar Deni.

Sebaiknya, bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang terpercaya dengan mekanik yang berpengalaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.