Arus Balik, 107.000 Kendaraan Sudah Masuk ke Tol Trans Jawa

Kompas.com - 08/05/2022, 08:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri mencatat sedikitnya sudah ada 107.000 kendaraan yang masuk ke arah Tol Tans Jawa dalam 24 jam terakhir sejak diberlakukannya rekyasa lalu lintas one way selama arus balik Lebaran 2022.

Kendaraan tersebut melintasi ruas tol Cikampek Utama dan diproyeksikan terus betambah hingga akhir puncak arus balik pada Minggu (8/5/2022) ini. Sebab, pekan depan sebagian besar masyarakat sudah masuk kerja.

“Dalam 1×24 jam, 107.000 yang melewati Cikatama (Cikampek Utama). Ini sebenarnya sudah melewati puncak arus,” kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: Posisi Transmisi Matik yang Ideal Saat Terjebak Macet

Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022.

Sehingga, tersisa kurang lebih 300.000 kendaraan lagi yang masuk ke ruas terkait menuju wilayah DKI Jakarta. Diimbau, warga memasuki ruas Cikampek Utama setelah puncak arus balik selesai.

Dalam laporan tersebut pula, ia mengatakan bahwa arus lalu lintas di Km 3+500 pada pukul 11.47 WIB terlihat ramai lancar. Sejumlah petugas di lapangan nampak mengatur lalu lintas agar tetap dalam kondisi lancar.

“Kalau kita hitung kendaraan yang keluar masih ada tersisa 300.000 lebih, yang masih di daerah timur. Ini kita dalam dua hari kalau semuanya berangkat pada 7-8 Mei 2022, akan memasuki Jakarta,” kata Aan.

Baca juga: Pertamina Sentil Mandalika Racing Team Agar Mau Klarifikasi

Kapolres Bekasi Kota Kombes Pol. Hengky memperlihatkan kondisi arus lalu lintas di Jalan Kalimalang, Bekasi yang terpantau berwarna hijau (lancar) Sabtu malam (7/5/2022). ANTARA/Laily Rahmawaty Kapolres Bekasi Kota Kombes Pol. Hengky memperlihatkan kondisi arus lalu lintas di Jalan Kalimalang, Bekasi yang terpantau berwarna hijau (lancar) Sabtu malam (7/5/2022).

Dia berharap kebijakan memundurkan waktu masuk sekolah anak-anak, dan work from home (WFH) bagi para pekerja dapat mengurai volume kendaraan saat puncak arus mudik.

“Namun karena sudah ada imbauan untuk ASN, untuk swasta untuk WFH. Kemudian anak-anak sekolah juga liburnya diperpanjang sampai 12 Mei, ini bisa mengurangi beban dari pada jalan,” kata dia.

“Jadi volumenya berkurang. Silahkan memilih waktu yang masih bisa WFH, yang masih bisa libur memilih waktu setelah 8 Mei 2022,” tambah Aan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.