Kompas.com - 07/05/2022, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengatakan bahwa mobil yang diparkir lama dan terus menerus tidak digunakan, bisa membuat bensin yang ada di tangki menjadi basi.

Menurut beberapa pakar, sebenarnya tidak ada istilah bensin yang basi, hal tersebut hanya penyebutan orang-orang awam saja.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, basi yang dimaksud mungkin terkontaminasi dengan cairan lain.

Baca juga: Jangan Biarkan Tangki Bensin Kosong Saat Mobil Ditinggal Mudik

Penyebab perubahan tersebut adalah karena bahan bakar yang mengendap terlalu lama di dalam tangki.

PT Pertamina Patra Niaga tetap berkomitmen dalam penyediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG dan avtur. Menjelang Ramadan tahun 2022, pasokan energi ini dipastikan aman dan lancar.KOMPAS.COM/HADI MAULANA PT Pertamina Patra Niaga tetap berkomitmen dalam penyediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG dan avtur. Menjelang Ramadan tahun 2022, pasokan energi ini dipastikan aman dan lancar.

"Bukan cairan bensinnya yang berubah, namun karena ada campuran lain. Sehingga, bisa mengubah bensin secara kualitas," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hal serupa juga disampaikan oleh Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung.

Tri menyampaikan yang dimaksud bensin basi terjadi karena ada ubahan unsur kimia dalam kandungan bahan bakar.

“Unsur kimia dalam bahan bakar bisa terkontaminasi dengan zat logam atau zat lainnya yang ada di tangki atau saluran bahan bakar,” ujar Yus.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Irit BBM ketimbang Bensin?

Yus menambahkan, kondisi tersebut akan semakin parah jika tangki tidak terisi penuh, saat malam hari atau pengaruh cuaca bisa berembun. Tangki akan tercampur kandungan air dan bisa mempercepat korosi.

Jadi bukan berarti bensin memiliki masa kadaluwarsa, namun kandungan yang berubah menjadikan bensin tidak lagi optimal sebagai bahan bakar.

Proses kuras bensin pada tangki bensinZulfana K. Rijal Proses kuras bensin pada tangki bensin

Bahkan, bila dibiarkan saja, makan bensin bisa merusak mesin, ditandai dengan mobil yang brebet.

Sebagai langkah pencegahan, Yuas menyarankan untuk pengemudi selalu memanasi mobil setidaknya tiga hari sekali. Lalu upayakan agar mobil selalu dalam kondisi penuh saat ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.