Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Lebaran Mulai Meningkat, 60.000 Kendaraan Masuk Jabodetabek

Kompas.com - 06/05/2022, 09:42 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menjelaskan, data Jasa Marga mencatat bahwa pada Kamis (5/5/2022) pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB ada sebanyak 60.000 kendaraan menuju Jabodetabek.

Dijelaskan, angka ini kemungkinan besar meningkat dibanding hari sebelumnya sekitar 99.000 kendaraan, mulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 06.00 keesokan harinya.

"Jadi kita lihat baru 8 jam mulai pukul 06.00 hingga 14.00 WIB sudah 60.000, terlihat semakin sore ramai, belum nanti malam hingga besok pagi. Tentu ada peningkatan arus balik masuk ke Jabodetabek ini," ucap Gatot seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Untuk membantu mengurai kemacetan selama arus balik, telah dipersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas, mulai dari skema satu arah atau one way  hingga contraflow.

Bersama dengan stkaeholder terkait, Gatot mentiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas selama arus balik Lebaran, di antaranya adalah contraflow mulai dari Km 70 hingga Km 47.

Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

"Nanti besok mulai pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB kita terapkan dari Kalikangkung hingga Karawang Km 47, hal itu juga sudah disosialisasikan," ucap Gatot.

Gatot juga mengimbau pemudik untuk menjaga stamina dan juga mengecek kesiapan dan kelaikan kendaraan sebelum perjalanan untuk pemudik yang hendak balik ke area Jabodetabek.

Pemudik yang kelelahan atau butuh istirahat diimbau untuk beristirahat di rest area terdekat, atau mencari rest area berikutnya jika titik awal yang dituju sedang padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com