Kompas.com - 06/05/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menjelaskan, data Jasa Marga mencatat bahwa pada Kamis (5/5/2022) pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB ada sebanyak 60.000 kendaraan menuju Jabodetabek.

Dijelaskan, angka ini kemungkinan besar meningkat dibanding hari sebelumnya sekitar 99.000 kendaraan, mulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 06.00 keesokan harinya.

"Jadi kita lihat baru 8 jam mulai pukul 06.00 hingga 14.00 WIB sudah 60.000, terlihat semakin sore ramai, belum nanti malam hingga besok pagi. Tentu ada peningkatan arus balik masuk ke Jabodetabek ini," ucap Gatot seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Untuk membantu mengurai kemacetan selama arus balik, telah dipersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas, mulai dari skema satu arah atau one way  hingga contraflow.

Bersama dengan stkaeholder terkait, Gatot mentiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas selama arus balik Lebaran, di antaranya adalah contraflow mulai dari Km 70 hingga Km 47.

Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

"Nanti besok mulai pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB kita terapkan dari Kalikangkung hingga Karawang Km 47, hal itu juga sudah disosialisasikan," ucap Gatot.

Gatot juga mengimbau pemudik untuk menjaga stamina dan juga mengecek kesiapan dan kelaikan kendaraan sebelum perjalanan untuk pemudik yang hendak balik ke area Jabodetabek.

Pemudik yang kelelahan atau butuh istirahat diimbau untuk beristirahat di rest area terdekat, atau mencari rest area berikutnya jika titik awal yang dituju sedang padat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.