Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ongkos Mudik Lebaran 2022 Jakarta-Semarang Pakai Innova Reborn Bensin

Kompas.com - 22/04/2022, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan keluarga andalan warga Indonesia dengan kapasitas angkut 7-penumpang. Tak heran bila kendaraan tersebut juga kerap jadi andalan saat mudik Lebaran.

Pun, pemerintah sudah mengizinkan masyarakat melakukan kegiatan tahunan itu usai dihentikan pada dua tahun belakangan karena pandemi Covid-19.

Salah satu wilayah yang paling banyak dijadikan tujuan ialah Semarang, Jawa Tengah. Entah sekadar dijadikan transit sebelum ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur lainnya atau tujuan akhir.

Baca juga: Rental Mobil Trac Sudah Habis Dipesan buat Mudik Lebaran

Toyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahanKompasOtomotif Toyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahan

Dengan adanya kenaikan harga BBM sampai tarif tol, maka ada baiknya pengemudi menyiapkan segala keperluan sebelum melakukan perjalanan. Terkhusus, soal ongkos yang dibutuhkan untuk biaya bahan bakar kendaraan.

Dari pengetesan Kompas.com, konsumsi BBM dalam rute kombinasi atas Kijang Innova Reborn berbahan bakar bensin, tercatat sebesar 11,5 km per-liter (kpl) dengan penggunaan BBM jenis RON 92 atau Pertamax.

Sehingga, dengan perkiraan jarak tempuh Jakarta-Semarang sekitar 441 kilometer, artinya jumlah BBM yang dibutuhkan sebanyak 38,3 liter.

Dengan biaya Pertamax saat ini yang dijual Rp 12.500 per liter, maka estimasi untuk biaya BBM Kijang Innova saat dibawa mudik Lebaran ke Semarang, Jawa Tengah membutuhkan Rp 478.750.

Baca juga: Pakai New Xpander, Segini Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya

Kijang Innova FaceliftKOMPAS.com/Ruly Kijang Innova Facelift

Apabila memakai RON 90 atau setara Pertalite yang dijual Rp 7.650 per liter, maka biaya isi BBM-nya menjadi Rp 292.995.

Sementara itu, tarif tol rute Jakarta-Semarang menggunakan mobil yang masuk ke golongan I, membutuhkan total biaya Rp 377.500.

Artinya total biaya BBM Pertamax dan tol rute Jakarta-Semarang dengan mengendarai Kijang Innova Reborn untuk perjalanan mudik Lebaran 2022 membutuhkan dana Rp 856.250.

Sedangkan apabila mobil diisi dengan BBM kelas Pertalite, maka pemudik perlu untuk menyiapkan dana sekitar Rp 670.495 untuk rute yang sama.

Perhitungan tersebut tidak bersifat mutlak dan konsumsi BBM tiap kendaraan juga bisa berbeda-beda.

Sebab, banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM, seperti bobot yang dibawa, tekanan udara pada ban, kecepatan rata-rata, gaya berkendara, serta kondisi cuaca dan lalu lintas.

Adapun untuk diketahui, Kijang Innova Reborn bensin dibekali mesin 2KD-FTV 2.500cc yang mampu menghembuskan tenaga sebesar 139 PS dan torsi maksimum 183 Nm.

Baca juga: Simak Lagi Tanggal dan Jam One Way Selama Arus Mudik 2022

Sementara rincian tarif Tol Trans Jawa, rute Jakarta-Semarang untuk Golongan I, dikutip dari laman Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT) ialah sebagai berikut:

• Tol Jakarta - Cikampek: Rp 20.000
• Tol Cikopo - Palimanan: Rp 119.000
• Tol Palimanan - Kanci: Rp 12.500
• Tol Kanci - Pejagan: Rp 29.500
• Tol Pejagan - Pemalang: Rp 60.000
• Tol Pemalang - Batang: Rp 45.000
• Tol Batang - Semarang: Rp 86.000
• Tol Semarang ABC: Rp 5.500

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com