Kompas.com - 04/05/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat diimbau untuk kembali lebih awal atau sesudah puncak arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 nanti,” ucap Budi dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

“Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” lanjutnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga telah memperkirakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik, yakni tol Semarang-Jakarta, dan pelabuhan Bakauheni-Merak.

Selain itu, Budi juga mengimbau untuk para pemudik agar tidak memaksakan diri di perjalanan agar arus balik bisa lebih lancar.

“Jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan,” kata dia.

Baca juga: Tips Anti-Nyasar Naik Motor Sambil Baca Maps

Jika pemudik mengalami kelelahan, sebaiknya keluar tol di kota terdekat dan beristirahat di tempat yang telah disiapkan di sejumlah rest area jalan arteri.

“Kami juga mengimbau pemudik untuk tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik,” kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.