Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kepadatan Lalu Lintas, Pemudik Diimbau Kembali Lebih Awal

Kompas.com - 04/05/2022, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat diimbau untuk kembali lebih awal atau sesudah puncak arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 nanti,” ucap Budi dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

“Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” lanjutnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga telah memperkirakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik, yakni tol Semarang-Jakarta, dan pelabuhan Bakauheni-Merak.

Selain itu, Budi juga mengimbau untuk para pemudik agar tidak memaksakan diri di perjalanan agar arus balik bisa lebih lancar.

“Jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan,” kata dia.

Baca juga: Tips Anti-Nyasar Naik Motor Sambil Baca Maps

Jika pemudik mengalami kelelahan, sebaiknya keluar tol di kota terdekat dan beristirahat di tempat yang telah disiapkan di sejumlah rest area jalan arteri.

“Kami juga mengimbau pemudik untuk tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik,” kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com