Pertamina Siapkan Layanan Antar BBM untuk Pemudik yang Kehabisan BBM

Kompas.com - 30/04/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tersedia layanan delivery atau pesan antar bahan bakar mesin (BBM) yang bisa digunakan pemudik saat terjebak macet dan kehabisan bensin saat perjalanan.

Layanan Pertamina Siaga melalui Pertamina Delivery Service (PDS) bisa diakses melalui nomor telepon darurat di call center 135. Nomor ini akan melayani pemudik selama musim mudik Lebaran, melalui program Pertamina Siaga RAFI 2022.

Jumlah unit motoris yang beroperasi selama arus mudik Lebaran ini adalah 339 unit. Sebagian besarnya tersedia di area Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jatimbalinus.

Baca juga: Catat, Lokasi Bale Santai Honda di Jawa Barat

Selama program ini, biaya layanan antar per tujuannya gratis. Sehingga, total biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen adalah sesuai dengan harga produk BBM yang dibeli.

Layanan PDS diberikan sebagai solusi pengendara yang kehabisan bahan bakar selama perjalanan, mengingat padatnya arus mudik tahun ini membuat jalan tol rawan macet dan SPBU berpotensi ramai.

Jenis produk BBM yang bisa diantar ialah Pertamax, Pertamax Turbo dan Peratmina Dex. Pembelian minimal 10 liter, sedangkan maksimal 20 liter.

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.

Baca juga: Update, Skema One Way Berlaku Lagi, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Lewat Jalan Arteri

Jam operasional motoris adalah pukul 06.00 sampai dengan 22.00 untuk jalur tol, dan 06.00 sampai dengan 18.00 untuk jalur non-tol.

Dilansir dari laman My Pertamina, untuk memesan BBM pemudik harus menghubungi 135 dengan memberikan informasi yaitu titik lokasi, jenis BBM, jumlah kebutuhan BBM, jenis dan warna kendaraan, serta pelat nomor kendaraan.

Jika terkonfirmasi konsumen bisa dilayani, motoris Pertamina akan menghubungi konsumen melalui WhatsApp dan melampirkan total biaya yang harus dibayarkan. Konsumen juga bisa mengirimkan lokasi dengan fitur share location kepada motoris melalui WhatsApp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.