Kompas.com - 29/04/2022, 19:31 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com- Mudik Lebaran sudah kembali bisa dilaksanakan tahun ini. Masyarakat dari berbagai lapisan menyambut dengan antusias.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil, tentu akan memilih pulang kampun dengan melintasi jalan tol, dengan pertimbangan waktu tempuh yang lebih cepat.

Namun demikian, disarankan tetap menjaga kebugaran tubuh dan memiliki jam tidur yang baik sebelum maupun selama perjalanan mudik.

Baca juga: Bak Balapan Mobil, Begini Detik-detik Momen Pelepasan One Way Mudik

Karena menempuh jarak jauh di jalan tol berpotensi untuk membuat pengendara merasa lelah dan mengantuk. Apalagi dengan rute yang monoton dan durasi mengemudi yang panjang.

Ilustrasi mengantuk saat berkendara.albayan Ilustrasi mengantuk saat berkendara.

“Pengemudi yang berkendara sendiri akan melakukan aktivitas yang monoton, dan itu yang buat ngantuk,” kata pakar kesehatan tidur Dr. Andreas Prasadja, RPSGT kepada Kompas.com.

Lebih lanjut, Andreas menyarankan kepada pengemudi untuk membawa rekan saat mengemudi.

Hal itu bertujuan untuk mengalihkan rasa bosan dengan cara mengobrol selama perjalanan. Dengan mengobrol, tubuh pengemudi mobil akan terangsang konsentrasi berkendaranya.

Berkendara dengan jarak yang jauh sebaiknya ada yang menemani agar bisa ajak ngobrol atau mengalihkan rasa bosan,” katanya.

Baca juga: Lengkap, Ini Rincian Tarif Tol Mudik Jakarta-Surabaya


 

Tidak hanya itu, dengan mengajak penumpang lain, terutama yang bisa menyetir, setidaknya bisa bergantian ketika sedang lelah. 

Istirahat 3 Jam 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.