Lokasi Kamera Tilang Elektronik Batas Kecepatan di Ruas Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 29/04/2022, 07:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemudik yang melalui Tol Trans-Jawa, sebaiknya tidak memacu kecepatan kendaraan melebihi dari batas yang sudah ditentukan.

Pasalnya, pengendara kini dipantau oleh kamera ETLE atau electronic traffic lawa enforcement (tilang elektronik) agar tidak kebut-kebutan di jalan tol.

Aturan mengenai batas kecepatan kendaraan di jalan tol ini tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4. Disebutkan bahwa batas kecepatan di jalan tol, yakni 60-100 km per jam (kpj).

Baca juga: Ganjil Genap dan One Way sampai Kalikangkung Resmi Dimulai

Sedangkan untuk jalan tol dalam kota, kecepatan minimalnya 60 kpj sampai batas maksimal 80 kpj. Lalu untuk jalan tol luar kota, batas kecepatan kendaraan yakni 100 kpj.

Berdasarkan pantauan tim Merapah Trans-Jawa 2022, kamera tilang elektronik sudah terlihat di beberapa titik ruas jalan tol Trans-Jawa, seperti misalnya di ruas Tol jalan layang MBZ dan Palimanan Kanci.

Kamera tersebut siap menangkap pelanggar batas kecepatan yang sudah ditentukan di jalan tol.

Adapun bagi pelanggar akan dijerat Pasal 287, sedangkan kendaraan ODOL dikenai Pasal 307 UU Nomor 22 Tahun 2009.

Menyoal sanksi yang dijatuhi bagi keduanya berupa pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Berikut daftar jalan tol yang dipasangi speed kamera:

  • Tol Dalam Kota Jakarta
  • Tol Jakarta-Cikampek (Japek)
  • Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ)
  • Tol Prof. Dr. Sedyatmo
  • Tol Kunciran-Tangerang
  • Tol Palimanan-Kanci (Palikanci)
  • Tol Batang-Semarang
  • Tol Semarang-Solo
  • Tol Solo-Ngawi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.