Kompas.com - 22/04/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan keluarga andalan warga Indonesia dengan kapasitas angkut 7-penumpang. Tak heran bila kendaraan tersebut juga kerap jadi andalan saat mudik Lebaran.

Pun, pemerintah sudah mengizinkan masyarakat melakukan kegiatan tahunan itu usai dihentikan pada dua tahun belakangan karena pandemi Covid-19.

Salah satu wilayah yang paling banyak dijadikan tujuan ialah Semarang, Jawa Tengah. Entah sekadar dijadikan transit sebelum ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur lainnya atau tujuan akhir.

Baca juga: Rental Mobil Trac Sudah Habis Dipesan buat Mudik Lebaran

Toyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahanKompasOtomotif Toyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahan

Dengan adanya kenaikan harga BBM sampai tarif tol, maka ada baiknya pengemudi menyiapkan segala keperluan sebelum melakukan perjalanan. Terkhusus, soal ongkos yang dibutuhkan untuk biaya bahan bakar kendaraan.

Dari pengetesan Kompas.com, konsumsi BBM dalam rute kombinasi atas Kijang Innova Reborn berbahan bakar bensin, tercatat sebesar 11,5 km per-liter (kpl) dengan penggunaan BBM jenis RON 92 atau Pertamax.

Sehingga, dengan perkiraan jarak tempuh Jakarta-Semarang sekitar 441 kilometer, artinya jumlah BBM yang dibutuhkan sebanyak 38,3 liter.

Dengan biaya Pertamax saat ini yang dijual Rp 12.500 per liter, maka estimasi untuk biaya BBM Kijang Innova saat dibawa mudik Lebaran ke Semarang, Jawa Tengah membutuhkan Rp 478.750.

Baca juga: Pakai New Xpander, Segini Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya

Kijang Innova FaceliftKOMPAS.com/Ruly Kijang Innova Facelift

Apabila memakai RON 90 atau setara Pertalite yang dijual Rp 7.650 per liter, maka biaya isi BBM-nya menjadi Rp 292.995.

Sementara itu, tarif tol rute Jakarta-Semarang menggunakan mobil yang masuk ke golongan I, membutuhkan total biaya Rp 377.500.

Artinya total biaya BBM Pertamax dan tol rute Jakarta-Semarang dengan mengendarai Kijang Innova Reborn untuk perjalanan mudik Lebaran 2022 membutuhkan dana Rp 856.250.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.