Kompas.com - 21/04/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada mudik Lebaran 2022, masyarakat diperkirakan bakal banyak menggunakan mobil pribadi. Apalagi, pemerintah juga sudah mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar kota.

Salah satu daerah yang banyak dijadikan tujuan adalah Surabaya. Bisa sekadar transit sebelum ke wilayah Jawa Timur lainnya atau tujuan akhir.

Untuk menuju Kota Pahlawan, alat transportasi yang bisa dipilih di antaranya adalah Mitsubishi New Xpander yang meluncur pada 2021.

Baca juga: Catat, Ini 5 Persiapan Mudik Pakai Mobil Pribadi

Mitsubishi Xpander saat melaju di Sirkuit Proving Ground Bridgestone (15/11/2021).KOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander saat melaju di Sirkuit Proving Ground Bridgestone (15/11/2021).

Namun dengan kenaikan harga BBM hingga tarif tol, para pemudik perlu menyiapkan segala keperluan sebelum melakukan perjalanan.

Pertama soal biaya BBM, dari pengetesan Kompas.com, konsumsi BBM dalam rute kombinasi untuk Xpander Sport CVT mencatat 14,7 km per liter, berdasarkan catatan MID.

Untuk menempuh jarak Jakarta-Surabaya sejauh kurang lebih 750 km, artinya jumlah BBM yang dibutuhkan sebanyak 51,02 liter.

Baca juga: KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Tabrakan dengan KRL di Depok

Dengan biaya Pertamax saat ini yang dijual Rp 12.500 per liter, maka biaya BBM Xpander untuk menempuh jarak Jakarta-Surabaya membutuhkan Rp 637.750.

Adapun jika memakai BBM RON 90 atau setara Pertalite yang dijual Rp 7.650 per liter, biaya isi BBM Xpander untuk jarak tempuh yang sama hanya menghabiskan Rp 390.303.

Sementara untuk biaya tol, perjalanan mudik akan melalui Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, lanjut ke Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, hingga Batang-Semarang.

Baca juga: Diprediksi Macet, Waktu Tempuh Mudik ke Semarang Bisa Dua Kali Lipat

Jalan Tol Semarang ABCJasa Marga Jalan Tol Semarang ABC

Kemudian dilanjut Semarang ABC, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.