Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Lebih Mahal, Alasan Brio Belum Dapat Pakai Fitur Honda Sensing

Kompas.com - 21/04/2022, 18:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan dua mobil baru, salah satunya adalah New Honda Brio RS Urbanite Edition.

Mobil ini mendapatkan beberapa ubahan, khususnya pada bagian eksterior, seperti penambahan Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser, Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror.

Berbeda dengan Honda City Hatchback RS yang meluncur bersamaan, mobil ini sudah dibekali dengan fitur keselamatan canggih Honda Sensing.

Baca juga: Alasan HPM Pasang Fitur Honda Sensing di City Hatchback RS

Lantas mengapa Honda belum menyematkan fitur Honda Sensing pada model Brio?

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, hal ini bergantung pada kebutuhan dan keinginan konsumen.

Honda Sensing 360Honda Motor Co., Ltd. Honda Sensing 360

“Kita melihat dulu kebutuhan dan keinginan konsumen seperti apa. Kemudian dari segi harga, karena harganya kan beda Rp 19 juta (kalau disematkan Honda Sensing). Jadi ini masih akan terus kami pelajari," ujar Billy saat peluncuran di The Dome, Senayan Park, Rabu (20/4/2022).

Meski begitu, dirinya tak menampik jika nantinya Honda Sensing akan disematkan pada produk dengan harga yang lebih murah.

“Untuk ini, kami akan terus pelajari,” kata dia.

Sebagai informasi, di pasar otomotif Indonesia, Honda Brio adalah salah satu model dengan penjualan terbaik. Bahkan Honda Brio pernah mencatat sejarah menjadi mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada tahun 2020.

Honda Brio telah mencatat total penjualan lebih dari 435.000 unit di Indonesia dan terus memimpin penjualan di segmen LCGC dan City Car.

Honda Brio RS Urbanite EditionHONDA PROSPECT MOTOR/HPM Honda Brio RS Urbanite Edition

Saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memproduksi Honda Brio, dengan tingkat kandungan lokal untuk model ini mencapai lebih dari 90 persen.

Tak hanya digemari di pasar domestik, Honda Brio juga telah diekspor ke luar negeri mulai tahun 2019 hingga saat ini, dengan total ekspor mencapai 21.000 unit.

Baca juga: 3 Motor Honda yang Paling Laris di Jakarta-Tangerang

Adapun Varian Urbanite Edition pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021 dan hingga saat ini telah terjual sebanyak 1.537 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com