Bakal Lebih Mahal, Alasan Brio Belum Dapat Pakai Fitur Honda Sensing

Kompas.com - 21/04/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan dua mobil baru, salah satunya adalah New Honda Brio RS Urbanite Edition.

Mobil ini mendapatkan beberapa ubahan, khususnya pada bagian eksterior, seperti penambahan Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser, Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror.

Berbeda dengan Honda City Hatchback RS yang meluncur bersamaan, mobil ini sudah dibekali dengan fitur keselamatan canggih Honda Sensing.

Baca juga: Alasan HPM Pasang Fitur Honda Sensing di City Hatchback RS

Lantas mengapa Honda belum menyematkan fitur Honda Sensing pada model Brio?

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, hal ini bergantung pada kebutuhan dan keinginan konsumen.

Honda Sensing 360Honda Motor Co., Ltd. Honda Sensing 360

“Kita melihat dulu kebutuhan dan keinginan konsumen seperti apa. Kemudian dari segi harga, karena harganya kan beda Rp 19 juta (kalau disematkan Honda Sensing). Jadi ini masih akan terus kami pelajari," ujar Billy saat peluncuran di The Dome, Senayan Park, Rabu (20/4/2022).

Meski begitu, dirinya tak menampik jika nantinya Honda Sensing akan disematkan pada produk dengan harga yang lebih murah.

“Untuk ini, kami akan terus pelajari,” kata dia.

Sebagai informasi, di pasar otomotif Indonesia, Honda Brio adalah salah satu model dengan penjualan terbaik. Bahkan Honda Brio pernah mencatat sejarah menjadi mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia pada tahun 2020.

Honda Brio telah mencatat total penjualan lebih dari 435.000 unit di Indonesia dan terus memimpin penjualan di segmen LCGC dan City Car.

Honda Brio RS Urbanite EditionHONDA PROSPECT MOTOR/HPM Honda Brio RS Urbanite Edition

Saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memproduksi Honda Brio, dengan tingkat kandungan lokal untuk model ini mencapai lebih dari 90 persen.

Tak hanya digemari di pasar domestik, Honda Brio juga telah diekspor ke luar negeri mulai tahun 2019 hingga saat ini, dengan total ekspor mencapai 21.000 unit.

Baca juga: 3 Motor Honda yang Paling Laris di Jakarta-Tangerang

Adapun Varian Urbanite Edition pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021 dan hingga saat ini telah terjual sebanyak 1.537 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.