Kompas.com - 21/04/2022, 16:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Covid-19 yang melanda dunia membuat seluruh aktivitas kehidupan menjadi terbatas. Begitu pula dengan tradisi mudik yang sudah melekat di Indonesia sebagai momen untuk pulang ke kampung halaman saat Lebaran.

Kasus pandemi yang terus menggeliat selama dua tahun kebelakang membuat pemerintah harus melarang masyarakat untuk mudik.

Banyak bisnis dan segala aspek yang terlibat di dalamnya menjadi terpuruk. Begitu juga untuk bisnis penyewaan transportasi yang alami dampak dari pandemi.

Baca juga: Catat, Ini 5 Persiapan Mudik Pakai Mobil Pribadi

Akan tetapi, di tahun ini masyarakat sudah bisa mudik dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Aktivitas perekonomian juga perlahan mulai tumbuh. Hal ini juga menjadai angin segar untuk perusahaan yang menyediakan jasa sewa mobil.

Chief Operating Officer TRAC-Astra Rent a Car, Halomoan Fischer Lumbantoruan mengatakan ada peningkatan pemesanan penyewaan mobil untuk mudik di tahun ini.

Ilustrasi berkendara bersama keluarga.Dok. TAF Ilustrasi berkendara bersama keluarga.

“Karena memang selama 2020-2021 mobilitas mudik dilarang oleh pemerintah, sehingga untuk order sewa kendaraan mudik dua tahun terakhir hampir tidak ada order,” katanya pada Kompas.com, Kamis (21/4/2022).

Pria yang akrab disapa Fischer tersebut juga mengatakan tahun ini ada peningkatan yang sangat signifikan dibanding dua tahun terakhir.

Namun dia tidak bisa menyebutkan berapa peningkatan yang terjadi di tahun 2022. Oleh karena itu secara persentase sulit untuk dibandingkan.

Yang dapat dipastikan, tahun ini sudah ada banyak permintaan penyewaan mobil untuk perjalanan mobil yang menggunakan jasa Trac.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas, Jasa Marga Lakukan Pelebaran Tol Japek

Untuk menyambut musim mudik yang kini sudah bisa dilakukan, Trac juga memberikan promo spesial mudik. Mulai dari Rp 450.000, pemudik dapat meminjam mobil selama 4 hari sampai 7 hari.

Tidak hanya itu saja, ada juga potongan Rp 150.000 bagi yang bertransaksi menggunakan AstraPay. Untuk unit, mayoritas yang disediakan untuk mudik adalah mobil jenis MPV.

“Tarif atau harga untuk periode mudik lebaran untuk setiap tipe dapat dilihat di platform aplikasi Trac to go,” ujar Fischer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.