Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Laksana Siapkan Multi-inovasi pada 2022

Kompas.com - 20/04/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Mulai membuat produk karoseri pada 1977, Karoseri Laksana kini berusia 45 tahun. Menghadapi usia baru, Karoseri Laksana membawa banyak inovasi seperti peluncuran tiga bus dan meresmikan dua divisi baru.

Tiga bus baru yang diperkenalkan pada Selasa (19/4/2022) meliputi Legacy SR2 Suites Combi Family Series, Legacy SR2 Panorama, dan New Tourista. Sedangkan lini produksi baru ada Laksana Individual dan Maha Motorhomes.

Stefan Arman, Technical Director Laksana mengatakan, salah satu tujuan dari Laksana adalah menciptakan kendaraan yang dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para konsumen dengan inovasi yang modern, futuristik, dan nyaman.

Baca juga: Laksana Ikut Bikin Motorhome, Ide Saat Pandemi

New Tourista dan Legacy SR2 Panorama buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI New Tourista dan Legacy SR2 Panorama buatan Karoseri Laksana

"Kami siap untuk melangkah lebih jauh ke depan. Kami percaya inovasi sekecil apapun dapat memberikan dampak yang baik kepada industri transportasi dan pariwisata demi bangkitnya perekonomian Indonesia,” ucapnya di Ungaran, Selasa (19/4/2022).

Untuk produk baru yakni Bus Suites Combi Family Series merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari Suites Class yang sudah dirilis sejak 2019. Salah satu ubahannya adalah kini bisa memuat lebih banyak penumpang.

"Jadi bus ini bisa menampung lebih dari 35 penumpang. Kami yakin kendaraan ini tidak hanya jadi solusi bus reguler AKAP, tapi juga sangat tepat untuk jadi bus pariwisata," ucap Stefan.

Baca juga: Polda Metro Mau Terapkan Batas Kecepatan Maksimum di Arteri Jakarta

Legacy SR2 Suites Combi Family Series dan New Tourista di Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Legacy SR2 Suites Combi Family Series dan New Tourista di Karoseri Laksana

Stefan menjelaskan, konfigurasi bangku suites yang semula satu di kanan dan satu di kiri (1-1) kini berubah jadi 2-1. Sehingga bisa menjadi solusi untuk orang yang naik bersama keluarga atau anak kecil.

Produk kedua yang diluncurkan adalah Legacy SR2 Panorama yang merupakan pengembangan Legacy Series dengan kaca tunggal atau single glass. Dengan begitu, pandangan penumpang ke depan jadi lebih lega tanpa terhalang pilar.

"Tourista, kali ini kita update, memberikan ubahan tampak depan dan belakang sehingga tampil lebih gagah dan elegan. Di dalam, bisa dilihat kami aplikasikan konsep interior yang lebih mewah, tentu di bawah Laksana Individual," ucap Stefan.

Maha Motorhomes Family buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Maha Motorhomes Family buatan Karoseri Laksana

Berbicara soal Laksana Individual, Karoseri Laksana mampu menciptakan kendaraan yang benar-benar customized, sesuai keinginan pelanggan. Misalnya seperti kendaraan VIP, keperluan klub olahraga, dan lain-lain dengan berbagai kemungkinan.

"Kami juga mengembangkan lini produk baru, yakni Maha Motorhomes. Produk Maha line up yang sudah kami luncurkan adalah Maha Adventure dan Maha Family," kata Stefan.

Stefan mengatakan, inovasi yang terus dikembangkan karoseri Laksana bertujuan untuk menghadirkan moda transportasi yang aman dan nyaman dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan pengguna transportasi darat.

"Acara Laksana Private Showcase ini kami selenggarakan sebagai wujud apresiasi kami kepada para pelanggan dan stakeholders terkait yang selalu mendukung perjalanan kami selama 45 tahun ini,” ucap Stefan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com