Langkah Korlantas Polri Terkait Aturan BPJS Kesehatan Jadi Syarat Urus STNK

Kompas.com - 20/04/2022, 12:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri sedang mempersiapkan beberapa langkah agar Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang pengurusan SIM dan STNK di Indonesia terlaksana.

Seperti diketahui, belum lama ini Presiden Joko Widodo meneken aturan baru soal SIM dan STNK. Dengan adanya aturan baru ini, maka pemohon SIM dan STNK harus sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.

Baca juga: Warga dengan KTP Non-Jakarta Bisa Ikut Mudik Gratis

Contoh STNK yang mengalami biaya kepengurusan baru ditambah pajak progresif roda duaOtomania/Setyo Adi Contoh STNK yang mengalami biaya kepengurusan baru ditambah pajak progresif roda dua

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol Muhammad Taslim Chaeruddin, mengatakan, pihaknya sedang melakukan empat hal agar aturan tersebut bisa terlaksana dengan baik.

"Yang menjadi persoalan kemudian ialah apakah dengan dukungan ini kemudian serta merta kita menerapkan di lapangan? tidak demikian," kata Taslim mengutip NTMC Channel, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Jelang Mudik, 180 Bus di Terminal Jatijajar Masih Belum Laik Jalan

"Menyelesaikan persoalan tidak boleh menimbulkan persoalan baru. Sebab itu langkah-langkah Korlantas Polri terkait dengan implementasikan Inpres setidaknya ada empat langkah yang mesti dilakukan," ungkapnya.

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

1. Menyempurnakan atau merevisi regulasi

"Mengapa, karena kami Polisi adalah bagian dari aparat penegak hukum oleh sebab itu harus taat hukum," kata Taslim.

"Sehingga aturan yang selama ini terkait dengan regident ranmor yaitu peraturan kepolisian nomor 7 tahun 2021 perubahan dari Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2012 tentang regident ranmor harus kita lakukan revisi terlebih dahulu dengan memasukkan kepesertaan secara aktif di dalam JKN menjadi bagian syarat untuk mendapatkan STNK," katanya.

2. Prosedur standar operasi

"Kita tahu pelayanan STNK dilakukan di Samsat bersama dengan teman-teman Bapenda dalam memberikan pelayanan penerimaan pajak, dan bersama-sama dengan teman-teman Jasa Raharja dalam memberikan pelayan penerimaan SWDKLLJ," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.