Kompas.com - 10/04/2022, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada gelaran Indonesia International Motor Show, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan inovasi terbarunya dengan tajuk Suzuki Smart Hybrid.

Inovasi tersebut dipamerkan dalam bentuk sasis di bagian pojok booth Suzuki di Hall A JIExpo Kemayoran. Terlihat ada tambahan baterai lithium ion yang menjadi pembantu mesin agar mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Suzuki sebenarnya belum mengumumkan teknologi ini akan disematkan untuk model apa di Indonesia. Bocoran yang redaksi terima, teknologi ini akan disematkan pada kendaraan volume maker di Indonesia.

Baca juga: Bocoran Mobil Hybrid Suzuki yang Akan Meluncur di Indonesia

Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)KOMPAS.com/STANLY RAVEL Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)

Jika bicara volume maker, di kelas kendaraan penumpang ada Suzuki XL7 dan Ertiga. Sedangkan di kendaraan niaga, Suzuki Carry turut membantu penjualan Suzuki di Indonesia.

Lalu apakah teknologi hybrid ini akan ditemui pada kendaraan niaga Suzuki?

Donny Saputra 4W Marketing Director PT SIS mengatakan teknologi hybrid yang dibawa Suzuki ke IIMS 2022 tidak hanya untuk satu mesin saja, melainkan bisa diimplementasikan ke model lainnya.

Baca juga: Jumlah Pemudik Naik Jadi 85,5 Juta, Kendaraan Pribadi Mendominasi

"Hybrid itu teknologinya, untuk platform-nya, terserah mau kita aplikasikan di mana saja," ucapnya kepada awak Media, Sabtu (8/4/2022).

Kemudian, Suzuki juga melakukan riset untuk hybrid bukan cuma untuk kendaraan penumpang. Jadi mungkin saja di masa mendatang bisa ditemui Suzuki Carry yang mengadopsi teknologi hybrid.

"Kami studi bukan cuma untuk kendaraan passenger, jadi semua posibility kami studi. Jadi apakah akan diimplementasaikan di model apa belum bisa kami informasikan, tapi semua kemungkinan kita studi," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.