Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantang Menyerah, Marquez Targetkan Podium di Tiap Seri

Kompas.com - 16/04/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jiwa kompetisi Marc Marquez yang pantang menyerah ditunjukkan pada MotoGP Amerika 2022. Meski sempat merosot ke urutan terakhir, tapi tetap bisa finis urutan keenam.

Balapan di Sirkuit Austin, Texas, ini juga menjadi momen kembalinya Marquez setelah mengalami kecelakaan fatal pada sesi latihan bebas di MotoGP Mandalika. Kecelakaan tersebut membuatnya harus absen di dua seri.

Sepanjang sesi latihan bebas MotoGP Amerika, pebalap Repsol Honda tersebut tidak terlalu menonjol. Tapi, Marquez punya catatan kemenangan yang sangat baik di sirkuit ini.

Baca juga: Bos Repsol Honda Sebut Marquez Selangkah Lebih Maju dari Para Rival

Sayangnya, terjadi kesalahan teknis yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Saat start, motornya tidak bisa langsung melesat dan membuatnya merosot hingga urutan terbelakang.

Marc Marquez membuntuti Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2022 di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, 8 April 2022.AFP/MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez membuntuti Aleix Espargaro saat sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2022 di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Amerika Serikat, 8 April 2022.

Kondisi tersebut membuatnya harus kerja ekstra keras untuk sampai ke barisan depan. Banyak pebalap yang disalipnya dan beberapa kali juga dia mengalami momen hampir terjatuh.

Marquez mengatakan, dia sudah belajar bahwa selalu ada kejutan pada MotoGP 2022. Tidak ada yang bisa memprediksi keseimbangan kekuatan di setiap seri.

"Tidak ada seorang pun yang tahu sebelum akhir pekan apakah dirinya akan menang atau setidaknya finis di lima besar. Tidak ada yang tahu di sirkuit mana mereka hanya bisa finis sepuluh besar," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (16/4/2022).

Baca juga: Tak Ngebut Saat Start, kenapa Motor Marquez di MotoGP Amerika?

Marquez menambahkan, untuk mengetahui hal tersebut harus bisa melihat performanya dulu di sepanjang akhir pekan. Jika maksimal hanya bisa finis kesepuluh, maka dia harus melakukannya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Tapi, tentu saja tujuan saya adalah naik podium di setiap balapan. Jadi, saya akan mengambil risiko. Tapi, di Texas tidak ada kesempatan untuk menargetkan finis di podium," kata Marquez.

Namun, pernyataan tersebut seolah berlawanan dengan performanya. Jika saja kesalahan teknis tersebut tidak terjadi, banyak yang berpendapat bahwa Marquez akan sulit untuk dikalahkan.

Buktinya, setelah lap pertama, selisih catatan waktu Marquez dengan Jack Miller yang ada di paling depan adalah 4,3 detik. Setelah 20 lap dan menyalip banyak pebalap, dia kembali berada di 4,3 detik di belakang Miller.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com