Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimbang Remote Mobil Bermasalah, Hindari Parkir di Tempat Ini

Kompas.com - 16/04/2022, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil zaman sekarang yang sudah mengadopsi teknologi smart key alias keyless. Teknologi ini memudahkan pemilik kendaraan untuk mengoperasikannya.

Dengan adanya teknologi ini, pemilik cukup membawa remote dan sistem pengaman mobil bisa mendeteksi keberadaan kunci tersebut. Sehingga, tidak perlu lagi membuka pintu menggunakan anak kunci.

Meski demikian, teknologi ini dinilai masih memiliki kelemahan. Terkadang, remote keyless juga bisa mengalami kendala atau tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Baca juga: Smart Key Mobil Tidak Berfungsi, Kenali Penyebab dan Solusinya

Kondisi tersebut bisa saja membuat pemilik mobil menjadi panik, karena pintu mobil tidak dapat membuka seperti biasanya.

Kunci cadangan yang ada di dalam remote kunci.Ghulam/Otomania Kunci cadangan yang ada di dalam remote kunci.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, hal tersebut bisa terjadi karena adanya masalah antara transmitter di remote dan receiver. Sebab, remote tersebut memanfaatkan sinyal frekuensi.

"Sinyal frekuensi yang ada di sekitar menara SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi) dan BTS (Base Transceiver Station) telepon seluler bisa jadi salah satu penghalang komunikasi itu," ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

“Apalagi, jika smart key itu sangat dipengaruhi oleh gelombang elektromagnetik. Jadi, sebisa mungkin pengguna menghindari parkir di lokasi yang dekat dengan dua wilayah tersebut,” katanya.

Baca juga: Bukan Cuma Smart Key, Kunci Manual Juga Memiliki Fitur Immobilizer

Selain gelombang elektromagnetik, menurut Didi, ada juga penyebab lainnya yang dapat membuat remote keyless tidak bisa berfungsi secara optimal.

Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.Ghulam/Otomania Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.

Seperti baterai remote sudah lemah atau terjadi getas di sekitaran karet pintu yang membuat komunikasi antara transmitter dan receiver terganggu.

Untuk mengetahui kondisi baterai pada remote keyless cukup mudah. Caranya, dengan menekan salah satu tombol.

“Kalau lampu masih menyala terang dengan interval cepat maka kondisi baterai masih baik, begitu sebaliknya,” ujar Didi.

Namun, jika kondisinya sudah membutuhkan perbaikan, Didi menyarankan, sebaiknya segera menghubungi diler terdekat.

"Hubungi diler terdekat dan langganan jika masalahnya kerap meresahkan. Jangan anggap remeh karena ini berkaitan dengan ketenangan pikiran," kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com