Polisi Sebut Faktor Penyebab Kemacetan saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 15/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Lalu lintas kendaraan diprediksi bakal meningkat jelang mudik Lebaran 2022. Untuk itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terus melakukan persiapan menjelang arus mudik.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, pihaknya bakal mengantisipasi kemacetan lalu lintas jelang mudik.

Menurutnya, masyarakat yang akan mudik lebaran diprediksi akan berlangsung mulai 28 April 2022. Sedangkan puncak mudik diprediksi akan terjadi pada Jumat (29/4/2022) dan Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap Juga Berlaku Saat Arus Mudik Lebaran

Kemacetan di Kilometer 47 tol Jakarta-Cikampek arah menuju Cikampek pada pukul 11.40 WIB, Senin (28/3/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Kemacetan di Kilometer 47 tol Jakarta-Cikampek arah menuju Cikampek pada pukul 11.40 WIB, Senin (28/3/2022).

“Dimulai hari Kamis 28 April 2022 sore dan prediksi puncaknya pada Jumat dan Sabtu,” ujar Eddy, disitat dari NTMC Polri (14/4/2022).

Eddy mengatakan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kemacetan ketika mudik Lebaran nanti. Pertama, kepadatan lalu lintas akan terjadi saat melakukan proses tapping di gerbang tol.

Kemudian, penyebab kemacetan juga bisa terjadi karena perilaku pemudik hingga terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Arus Mudik, One Way dari Tol Jakarta-Cikampek sampai Kalikangkung

“Exit yang akan masuk ke jalur arteri, bottle neck, rest area, pertemuan arus lalin, kendaraan yang mogok, perilaku pengemudi, dan laka lantas,” kata Eddy.

Eddy pun berharap saat arus mudik dan balik lebaran tahun ini, masyarakat dapat pulang ke kampung halamannya dengan aman dan nyaman.

“Semoga tidak ada kemacetan ya,” ucap Eddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.